Banner Sistem Operasi

Beberapa Cara Mengunci Layar Komputer Di Microsoft Windows 10

Umumnya, seorang karyawan kantor akan mendapatkan fasilitas unit komputer baik itu PC atau laptop untuk menunjang tugasnya. Komputer sebagai sarana penunjang tugas pada akhirnya akan berisi data dan informasi terkait pekerjaan. Data dan informasi inilah yang tetap harus dijaga dari orang-orang yang tidak berkepentingan. Cukup beresiko apabila Anda meninggalkan komputer dalam keadaan aktif di lingkungan kerja yang ramai. Bisa jadi apabila ini benar-benar sering terjadi, pada akhirnya Anda dapat kehilangan data dan informasi yang tersimpan di dalam komputer.

Microsoft Windows sebenarnya telah dilengkapi dengan fitur pengaman untuk maksud ini. Apabila Anda berkeinginan meninggalkan komputer untuk beberapa saat dan tidak berkeinginan mematikan komputer karena akan digunakan lagi, Anda dapat mengunci layar komputer agar orang lain yang ada di sekitar tempat kerja Anda tidak memiliki akses ke komputer. Orang lain yang ingin mengakses komputer yang terkunci, memerlukan password Administrator untuk bisa masuk ke sistem komputer. Di Windows 10, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengunci layar komputer. Berikut ini adalah beberapa cara tersebut:

1. Menggunakan tombol Ctrl + Alt + Delete di keyboard.

Tekan tombol Ctrl + Alt + Delete di keyboard secara bersama-sama. Dari daftar pilihan perintah yang muncul, klik Lock untuk mengunci layar komputer.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

2. Menggunakan tombol Windows + L di keyboard.

Tekan tombol Windows + L di keyboard secara bersama-sama untuk mengunci layar komputer dengan cepat. Tombol Windows di keyboard adalah tombol keyboard dengan logo Windows. Metode penguncian ini dapat digunakan di Windows Vista dan versi di atasnya.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

3. Menggunakan tombol Start.

Klik tombol Start yang terletak di sudut kiri bawah, kemudian klik kanan tepat di tombol dengan ikon gambar akun pengguna untuk menampilkan daftar pilihan perintah dan selanjutnya pilih Lock untuk mengunci layar komputer.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

4. Membuat pintasan (shortcut) di dekstop komputer.

Cara terakhir, Anda dapat membuat pintasan (shortcut) di dekstop komputer untuk mengunci layar komputer. Untuk memulai, klik kanan (right click) di area kosong desktop komputer untuk menampilkan daftar menu pintas, pilih New dan kemudian Shortcut.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

Dari kotak dialog Create Shortcut yang muncul, ketikkan C:\Windows\System32\rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation dan kemudian klik tombol Next.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

Masih di kotak dialog Create Shortcut, ketikkan nama dari shortcut yang dibuat dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol Finish.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

Berikut ini adalah hasil akhir dari shortcut yang dibuat. Untuk mengunci layar komputer, klik ganda (double click) shortcut Lock Windows Screen.

Cara mengunci layar komputer di Microsoft Windows 10

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.