Microsoft Edge adalah browser terbaru Microsoft yang menggantikan browser lama Microsoft Internet Explorer. Sebagai browser baru, Microsoft Edge belum memiliki kelengkapan fitur maupun opsi pengaturan sebagaimana browser Google Chrome, Mozilla Firefox atau yang lainnya. Microsoft terus berupaya melengkapi browser terbarunya ini dengan fitur dan opsi pengaturan untuk memudahkan dan memaksimalkan fungsinya. Microsoft juga telah menghadirkan fitur baru yang mungkin belum ada di browser lain untuk menjadikan browsernya lebih efisien yaitu tab preview.

Cara menonaktifkan tab preview di browser Microsoft Edge

Tab preview ini lebih menyerupai tampilan thumbnail dari aplikasi-aplikasi yang ada di taskbar Microsoft Windows. Ketika Anda mengarahkan pointer mouse ke tab yang tidak aktif dari browser Microsoft Edge, maka tab preview akan muncul dengan menampilkan konten dari tab tersebut. Ini sangat membantu ketika Anda telah membuka banyak tab dan ingin mengaktifkan tab yang berisi konten yang dituju. Namun bagi sebagian orang, tab preview terkadang juga agak mengganggu ketika muncul di posisi paling kiri sehingga dapat menutupi tombol navigasi yang ingin Anda gunakan. Apabila Anda merasa bahwa tab preview kurang bermanfaat, Anda dapat menonaktifkannya dengan cara sebagai berikut:

Jalankan Registry Editor terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + R di keyboard secara bersama-sama, dari kotak dialog Run yang muncul, ketikkan regedit dan kemudian klik tombol OK. Dari jendela Registry Editor yang muncul, navigasi ke registry key berikut ini:

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Classes\Local Settings\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\AppContainer\Storage\microsoft.microsoftedge_8wekyb3d8bbwe\MicrosoftEdge\TabbedBrowsing

Di subkey TabbedBrowsing, buat DWORD (32-bit) Value baru dengan cara sorot (pilih) terlebih dahulu subkey TabbedBrowsing, di area kosong sebelah kanan, klik kanan untuk menampilkan daftar menu pintas, pilih New dan kemudian pilih DWORD (32-bit) Value.

Cara menonaktifkan tab preview di browser Microsoft Edge

Beri nama DWORD (32-bit) Value baru tersebut dengan TabPeekEnabled. Periksa nilai DWORD (32-bit) Value bernama WriteProtect dengan cara mengklik kanan tepat di TabPeekEnabled dan kemudian pilih Modify...

Cara menonaktifkan tab preview di browser Microsoft Edge

Apabila nilai TabPeekEnabled adalah 0, biarkan saja nilai bawaan tersebut, klik tombol OK untuk menutup kotak dialog Edit DWORD (32-bit) Value dan selanjutnya tutup juga jendela Registry Editor.

Cara menonaktifkan tab preview di browser Microsoft Edge

Tutup dan jalankan kembali browser Microsoft Edge Anda. Sekarang apabila Anda menggerakkan pointer mouse ke tab yang tidak aktif dari browser Microsoft Edge, tab preview tidak akan muncul karena telah dinonaktifkan.