Banner Sistem Operasi

Menampilkan Laporan Rinci Kondisi Baterai Laptop Di Windows 10

Baterai (battery) adalah bagian paling penting dari perangkat seperti laptop, tablet atau smartphone. Dari baterai inilah semua sumber daya untuk menfungsikan perangkat tersebut berasal. Seperti yang Anda ketahui laptop, tablet dan juga smartphone menggunakan baterai isi ulang yang apabila daya baterai sudah habis, perlu segera diisi ulang. Memeriksa kondisi baterai laptop di sistem operasi Microsoft Windows cukup sederhana dan mudah. Anda tinggal mengklik ikon (icon) baterai yang ada di taskbar sebelah kanan dan mendapatkan informasi terkait persentase daya baterai dan perkiraan lamanya pemakaian, hanya itu.

Microsoft sebenarnya telah menyediakan fitur laporan rinci terkait baterai laptop yang digunakan. Laporan yang dihasilkan meliputi informasi terkait laptop, baterai yang terinstal, penggunaan saat ini, grafik penggunaan baterai selama 3 hari, riwayat baterayi, riwayat kapasitas baterai, perkiraan daya tahan baterai dan sebagainya. Perintah untuk menghasilkan laporan rinci kondisi baterai ini tersembunyi di powercfg dan laporan yang dihasilkan dalam bentuk file html. Anda dapat menggunakan browser manapun untuk membuka file html ini. Berikut ini adalah cara untuk menampilkan laporan rinci kondisi baterai laptop di Windows 10:

Klik kanan (right click) tepat di tombol Start Windows dan kemudian pilih Command Prompt (Admin).

Menampilkan laporan rinci kondisi baterai laptop di Windows 10

Di jendela Administrator: Command Prompt yang muncul, di direktori yang aktif saat ini (C:\Windows\system32>), ketikkan perintah powercfg /batteryreport dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Menampilkan laporan rinci kondisi baterai laptop di Windows 10

Tunggu beberapa saat dan Command Prompt akan menentukan tempat menyimpan laporan rinci dalam bentuk file html tersebut. Umumnya, apabila Anda menggunakan Command Prompt, file html akan disimpan atau berada di direktori aktif saat ini yaitu C:\Windows\system32.

Menampilkan laporan rinci kondisi baterai laptop di Windows 10

Jalankan browser kesayangan Anda, misalnya Google Chrome, tekan tombol keyboard Ctrl + O untuk membuka kotak dialog Open, kemudian navigasi ke file html (battery-report.html) yang telah dihasilkan dan akhiri dengan mengklik tombol Open.

Menampilkan laporan rinci kondisi baterai laptop di Windows 10

File html battery-report.html akan terbuka d tab baru dari browser yang Anda gunakan. Anda dapat menggulung ke bawah untuk melihat laporan lebih lengkap.

Menampilkan laporan rinci kondisi baterai laptop di Windows 10

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.