Banner Sistem Operasi

Cara Merubah Direktori Bawaan Di Command Prompt

Command Prompt (cmd.exe) adalah aplikasi baris perintah yang ada di sistem operasi Microsoft Windows. Aplikasi ini digunakan untuk mengeksekusi perintah yang dimasukkan. Umumnya, sebagian besar perintah adalah untuk mengotomasi tugas melalui script dan batch file, pemecahan masalah yang mungkin terjadi di sistem Windows atau menjalankan fungsi-fungsi administrasi lanjutan. Command Prompt dapat mengeksekusi perintah, misalnya menyalin file, jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan antar muka grafis Windows.

Merubah direktori bawaan di Command Prompt

Di Microsoft Windows 10, ketika Anda menjalankan Command Prompt (Admin), direktori bawaan (default directory) adalah C:\Windows\system32. Apabila Anda ingin mengakses file yang tidak berada di direktori bawaan ini, Anda perlu menavigasi ke direktori tempat file berada. Ini bukan cara yang praktis apabila Anda sering menggunakan Command Prompt dan kembali menavigasi ke direktori tempat file berada. Setiap kali Anda menjalankan Command Prompt, Anda akan mendapati direktori bawaan yang sama.

Anda dapat merubah direktori bawaan Command Prompt dengan direktori lain, misalnya direktori tempat file-file Anda berada. Windows tidak menyediakan opsi pengaturan untuk melakukan ini dengan mudah, namun Anda dapat merubahnya melalui Registry Editor. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah direktori bawaan Command Prompt di Microsoft Windows 10:

Jalankan Registry Editor terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + R di keyboard secara bersama-sama, dari kotak dialog Run yang muncul, ketikkan regedit dan kemudian klik tombol OK. Dari jendela Registry Editor yang muncul, navigasi ke registry key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Command Processor. Di subkey Command Processor, di area sebelah kanan, cari string Autorun, apabila tidak ada, buat Expandable String Value baru dengan cara sorot terlebih dahulu subkey Command Processor, di area kosong sebelah kanan, klik kanan untuk menampilkan daftar menu pintas, pilih New dan kemudian pilih Expandable String Value.

Merubah direktori bawaan di Command Prompt

Beri nama Expandable String Value baru tersebut dengan Autorun. Masukkan nilai Expandable String Value bernama Autorun dengan cara mengklik kanan tepat di Autorun dan kemudian pilih Modify...

Merubah direktori bawaan di Command Prompt

Dari kotak dialog Edit String, di kotak teks Value data, ketikkan CD /d C:\dataku di kotak teks Value data dan kemudian klik tombol OK. C:\Dataku akan menjadi direktori baru Command Prompt.

Merubah direktori bawaan di Command Prompt

Setelah itu tutup jendela Registry Editor dan jalankan kembali Command Prompt (Admin). Sekarang direktori Command Prompt telah berubah menjadi C:\Dataku.

Merubah direktori bawaan di Command Prompt

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.