Lock Screen Windows 10
Pin It

Di Windows 10, lock screen adalah layar yang Anda lihat sebelum masuk ke sistem Windows. Layar yang sama juga muncul ketika Anda mengunci (lock) komputer yang Anda gunakan. Secara bawaan, lock screen di windows 10 diperindah dengan tampilan gambar (picture) sebagai latar (background). Sebenarnya, Windows 10 tidak hanya menawarkan gambar sebagai latar dari lock screen, masih ada dua opsi lain yang bisa Anda pilih untuk digunakan yaitu Windows spotlight dan slideshow. Untuk opsi gambar, Windows mempunyai beberapa gambar bawaan yang dapat digunakan atau Anda juga dapat menentukan gambar Anda sendiri.

Ada kalanya Anda ingin merubah tampilan latar (background) dari lock screen agar lebih personal. Anda ingin mengganti dari gambar yang sedang digunakan sebagai tampilan latar saat ini dengan gambar lainnya. Microsoft Windows 10 memberikan kemudahan untuk maksud ini lewat pengaturan yang telah disediakan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah tampilan latar (background) dari lock screen di Microsoft Windows 10 Anniversary Update (Windows 10 Redstone 1):

Klik kanan (right-click) di area kosong dekstop komputer Anda dan kemudian pilih Personalize.

Merubah tampilan latar (background) dari lock screen di Windows 10

Di laman Settings - Personalization yang muncul, pastikan Anda berada di tab Lock screen. Untuk menentukan apakah Anda ingin menggunakan opsi Windows spotlight, Picture (gambar) atau Slideshow, Anda dapat memilihnya dari kotak daftar turun ke bawah (combo box) berlabel Background. Di contoh artikel ini, penulis menggunakan Picture (gambar). Untuk mengganti gambar dengan gambar yang ada, Anda dapat memilih salah satu gambar yang belum digunakan di bawah label Choose your picture, misalnya gambar nomor 2. Klik gambar nomor 2 untuk memilihnya. Apabila Anda menginginkan gambar lain yang tidak ada di daftar pilihan, Anda dapat mengklik tombol Browse untuk menggunaka gambar yang tersimpan di komputer.

Merubah tampilan latar (background) dari lock screen di Windows 10

Apabila gambar nomor 2 telah dipilih (diklik), gambar tersebut akan ditampilkan di Preview. Sekarang tampilan latar (background) dari lock screen komputer Anda telah menggunakan gambar nomor 2. Untuk mengakhiri, tutup laman Windows Settings.

Merubah tampilan latar (background) dari lock screen di Windows 10