Banner Sistem Operasi

Cara Menambahkan Opsi Hibernate Di Tombol Power Windows 10

Hibernasi atau ketidakgiatan (hibernation) adalah keadaan dimana komputer menyimpan semua program dan file yang sedang digunakan ke hardisk dan kemudian melakukan proses mematikan diri. Ketika Anda menyalakan Komputer kembali, semua program dan file tersebut akan dikembalikan ke kondisi semula seperti sebelum hibernasi. Dengan demikian, Anda dapat melanjutkan pekerjaan mulai dari keadaan ketika Anda meninggalkannya. Mode hibernasi ini utamanya dikembangkan untuk laptop guna menghemat daya. Ketika dalam mode hibernasi, komputer benar-benar menggunakan daya 0 (nol).

Menambahkan opsi Hibernate di tombol Power Windows 10

Selain menghemat daya, mode hibernasi juga berguna dalam menghemat waktu ketika Anda ingin memulai pekerjaan kembali karena program dan file dikembalikan ke kondisi semula sebelum komputer melakukan proses mematikan diri. Di Windows 10, Anda tidak dapat menggunakan opsi Hibernate. Secara bawaan, Windows 10 tidak menyertakan opsi hibernate di tombol Power. Di tombol Power dari , Anda hanya akan melihat opsi Sleep, Shut down dan Restart. Namun demikian, Anda tidak perlu kawatir. Anda dapat menambahkan opsi Hibernate tersebut di tombol Power Windows 10 dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Untuk mulai menambahkan opsi Hibernate, tekan tombol Windows (tombol dengan logo Windows) + R untuk menjalankan kotak dialog Run. Di kotak dialog Run yang muncul, ketikkan powercfg.cpl dan kemudian klik tombol OK.

Menambahkan opsi Hibernate di tombol Power Windows 10

Di jendela Power Options yang muncul, di area sebelah kiri, klik tautan (link) berlabel Choose what the power buttons do

Menambahkan opsi Hibernate di tombol Power Windows 10

Di jendela System Settings yang muncul, klik tautan (link) Change settings that are currently unavailable.

Menambahkan opsi Hibernate di tombol Power Windows 10

Masih di jendela System Settings, di area bawah, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Hibernate dan kemudian klik tombol Save changes. Tutup jendela-jendela sebelumnya yang masih terbuka.

Menambahkan opsi Hibernate di tombol Power Windows 10

Untuk memeriksa apakah opsi Hibernate telah ditambahkan, klik tombol Start dan kemudian tombol Power. Sekarang Anda dapat melihat opsi Hibernate telah ditambahkan di tombol Power Windows 10.

Menambahkan opsi Hibernate di tombol Power Windows 10

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.