Banner Sistem Operasi

Cara Membuat Taskbar Windows Lebih Transparan Melalui Registry

Sekalipus Microsoft telah melakukan perombakan besar-besaran terkait antar muka pengguna (user interface) sistem operasinya dimulai dari Windows 8, ternyata masih banyak juga pengguna Windows yang merasa belum cukup puas. Sebagian dari mereka yang mengetahui caranya cenderung malakukan perubahan agar memiliki tampilan yang lebih personal. Sebenarnya Windows memiliki banyak opsi yang dapat digunakan untuk merubah tampilan antar muka grafisnya. Sebagian opsi tersebut dapat dilakukan lewat pengaturan (Windows Settings) dan sebagian lainnya tersembunyi dan hanya bisa dilakukan melalui registry.

Taskbar adalah salah satu elemen antar muka grafis Windows. Di Windows 10, Anda dapat membuat taskbar menjadi transparan atau tidak melalui opsi pengaturan yang disediakan Windows. Ini adalah kemudahan yang diberikan Windows melalui opsi pengaturan untuk menjadikan taskbar Windows Anda lebih personal. Namun level transparansi melalui opsi pengaturan tidak bisa diatur sesuai keinginan, Windows telah menentukannya sendiri. Apabila Anda ingin level transparansi yang lebih pada taskbar, Anda dapat melakukannya melalui opsi tersembunyi yaitu registry. Apabila Anda ingin membuat taskbar Windows lebih transparan, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan Registry Editor terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + R di keyboard secara bersama-sama, dari kotak dialog Run yang muncul, ketikkan regedit dan kemudian klik tombol OK. Dari jendela Registry Editor yang muncul, navigasi ke registry key berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

Di subkey Advanced, buat DWORD (32-bit) Value baru dengan cara sorot (pilih) terlebih dahulu subkey TabbedBrowsing, di area kosong sebelah kanan, klik kanan untuk menampilkan daftar menu pintas, pilih New dan kemudian pilih DWORD (32-bit) Value.

Cara membuat taskbar Windows lebih transparan melalui registry

Beri nama DWORD (32-bit) Value baru tersebut dengan UseOLEDTaskbarTransparency. Periksa nilai DWORD (32-bit) Value bernama UseOLEDTaskbarTransparency dengan cara mengklik kanan tepat di UseOLEDTaskbarTransparency dan kemudian pilih Modify...

Cara membuat taskbar Windows lebih transparan melalui registry

Apabila nilai UseOLEDTaskbarTransparency bukan 1, rubah nilai tersebut menjadi 1, klik tombol OK untuk menutup kotak dialog Edit DWORD (32-bit) Value dan selanjutnya tutup juga jendela Registry Editor.

Cara membuat taskbar Windows lebih transparan melalui registry

Untuk merubah tampilan taksbar Windows menjadi transparan, klik tombol Start dan kemudian Settings. Di laman Windows Settings yang muncul, pilih Personalization. Di laman Settings - Personalization yang muncul, pastikan Anda berada di tab Color dan kemudian rubah nilai toggle swicth berlabel Make Start, taskbar, and action center transparent dari Off menjadi On.

Cara membuat taskbar Windows lebih transparan melalui registry

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.