Banner Sistem Operasi

Beberapa Cara Memeriksa Penggunaan Memori Komputer Di Windows

Memori komputer adalah salah satu komponen penting dalam unit komputer. Memori atau yang lebih dikenal dengan istilah RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan data sementara. Memori dapat bekerja cepat dalam menyimpan dan mensuplai data yang dibutuhkan oleh prosesor komputer untuk diolah lebih lanjut menjadi informasi. Karena itulah kapasitas sebuah memori sangat penting untuk dipertimbangkan ketika membeli sebuah unit komputer. Semakin besar kapasitas memori, semakin banyak pula data yang dapat disimpan dan disuplai dan pada akhirnya prosesor dapat mengolah data lebih banyak dan lebih cepat.

Sekarang ini banyak aplikasi-aplikasi Windows yang memerlukan alokasi memori besar. Apabila Anda menjalankan banyak aplikasi sekaligus, jumlah memori yang digunakan juga akan semakin besar dan pada akhirnya akan menurunkan performa komputer. Anda bisa merasakan kinerja komputer menjadi semakin lambat untuk aplikasi yang sedang Anda gunakan. Solusi yang mungkin Anda dapat lakukan adalah membatasi jumlah aplikasi yang sedang berjalan atau menambah kapasitas memori. Sebagai langkah awal, Anda dapat memeriksa berapa banyak memori komputer yang sekarang ini sedang digunakan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memeriksa penggunaan memori di komputer Windows:

1. Melalui Task Manager.

Tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + Alt + Delete dan kemudian pilih Task Manager. Di Windows 8 dan versi di atasnya, Anda perlu mengklik More details. Di jendela Task Manager, pastikan Anda berada di tab Performance dan di area sebelah kiri, pilih Memory.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows

2. Melalui Resource Monitor.

Tekan kombinasi tombol Windows + R di keyboard untuk menjalankan kotak dialog Run, ketikkan resmon dan kemudian klik tombol OK.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows

Jendela Resource Monitor dapat menampilkan pengguaan memori dengan tepat berapa banyak memori yang digunakan dan aplikasi apa saja yang menggunakan memori tersebut.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows

3. Melalui Performance Monitor.

Tekan kombinasi tombol Windows + R di keyboard untuk menjalankan kotak dialog Run, ketikkan perfmon dan kemudian klik tombol OK.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows

Di jendela Performance Monitor, klik Performance Monitor yang ada di area sebelah kiri di bawah Monitoring Tools.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows

Area sebelah kanan akan berubah menjadi bagan atau grafik seperti gambar di bawah ini. Karena Anda ingin menampilkan penggunaan memori, Anda perlu menambahkan memori agar terlacak dan ditampilkan di bagan atau grafik. Klik tombol Plus warna hijau untuk melanjutkan.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows

Di area sebelah kiri dari Available counters, gulung ke bawaah sampai Anda menemukan Memori. Pilih memori tersebut sehingga tersorot, kemudian klik tombol Add>> untuk menambahkan memori ke counter dan selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol OK.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows

Kembali ke bagan atau grafik yang ada di area sebelah kanan, klik baris Committed Bytes dan akan ditampilkan informasi penggunaan memori di kotak teks (text box) di bagian atasnya.

Cara memeriksa penggunaan memori komputer di Windows

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.