Banner Sistem Operasi

Beberapa Cara Mengetahui Versi BIOS Di Windows

BIOS adalah kependekan dari Basic Input Output System. Kalau dibaca dari kepanjangannya, Anda mungkin mengira bahwa peranannya hanya di seputar input (masukan) dan output (keluaran). BIOS melakukan lebih banyak dari yang Anda kira dan sistem operasi apapun tidak akan bekerja tanpa adanya BIOS. BIOS adalah sekumpulan instruksi yang ditulis dalam bahasa Assembly untuk membantu memuat sistem operasi. BIOS adalah antar muka firmware antara hardware (perangkat keras) komputer dan sistem operasi. BIOS terdapat di chip memori flash atau ROM yang terbuat dari Complementary Metal-Oxide Semiconductor (CMOS).

Ketika Anda menyalakan komputer, instruksi-instruksi di BIOS dimulai. BIOS akan memeriksa RAM, prosesor, CMOS dan chip-chip lainnya untuk mengatur tanggal dan waktu di komputer dan memuat driver hardware ke memori agar hardware dapat berfungsi dengan baik. BIOS juga memeriksa dan memuat sinyal (interupsi) input dan output ke RAM sehingga sistem operasi mengetahui apa yang sedang terjadi dan memutuskan aksi apa yang akan diambil. Seperti software-software lainnya, BIOS juga dapat diperbarui (update).

Ketika Anda menghadapi masalah dengan salah satu hardware komputer, Anda mungkin akan menggantinya dengan yang baru. Ketika sistem operasi tidak dapat mendeteksi hardware baru tersebut, ini mungkin karena BIOS tidak tahu bagaimana cara untuk menanganinya. Agar sistem operasi dapat mendeteksi hardware tersebut, BIOS perlu diperbarui (update). Anda perlu mengetahui versi BIOS terlebih dahulu sebelum melakukan pembaruan. Anda juga perlu memeriksa website pabrikan BIOS apakah ada versi yang terbaru. Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui veri BIOS di Windows:

1. Menggunakan Command Prompt (Admin).

Anda dapat menggunakan perintah WMI (Windows Management Instrumentation) untuk mengetahui versi BIOS. Untuk menggunakan perintah tersebut, klik kanan (right click) tombol Start dan kemudian pilih Command Prompt (Admin).

Cara mengetahui versi BIOS di Windows

Di jendela Administrator: Command Prompt yang muncul, ketikkan perintah di bawah ini dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Hasil menjalankan perintah tersebut adalah informasi tentang versi BIOS.

wmic bios get biosversion

Cara mengetahui versi BIOS di Windows

2. Menggunakan MSINFO32.

Sytem Information Tool (MSINFO32) dapat digunakan untuk menampilkan informasi BIOS di bawah System Summary. Untuk menampilkan versi BIOS melalui MSINFO32, tekan kombinasi tombol Windows (tombol dengan logo Wincows) + R di keyboard untuk menjalankan kotak dialog Run. Ketikkan msinfo32 dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui versi BIOS di Windows

Dari jendela System Information yang muncul, di bawah System Summary, Anda dapat melihat versi BIOS.

Cara mengetahui versi BIOS di Windows

3. Menggunakan Registry Editor.

Untuk mengetahui versi BIOS melalui Registry, tekan kombinasi tombol Windows (tombol dengan logo Windows) + R di keyboard untuk menjalankan kotak dialog Run. Ketikkan regedit dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui versi BIOS di Windows

Dari jendela Registry Editor yang muncul, navigasi ke key registry di bawah ini. Di area sebelah kanan, di SystemBiosVersion, Anda dapat melihat veri BIOS.

HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System

Cara mengetahui versi BIOS di Windows

4. Menggunakan DXDiag.

Untuk mengetahui versi BIOS melalui DXDiag, tekan kombinasi tombol Windows (tombol dengan logo Windows) + R di keyboard untuk menjalankan kotak dialog Run. Ketikkan dxdiag dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui versi BIOS di Windows

Dari jendela DirectX Diagnostic Tool, pastikan Anda berada di tab System, di bagian System Infortion, Anda dapat melihat versi BIOS.

Cara mengetahui versi BIOS di Windows

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.