Banner Sistem Operasi

Cara Melihat Aplikasi Yang Mana Yang Menguras Daya Baterai Di Windows 10

Penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan daya baterai terkuras. Apabila Anda membuka banyak aplikasi sekaligus, Anda mungkin akan menduga bahwa aplikasi tersebut yang menyebabkan daya baterai cepat habis. Sejatinya, banyak juga aplikasi-aplikasi di Windows lain yang berjalan secara tersembunyi tanpa terlihat di layar monitor (running in the background). Bahkan aplikasi-aplikasi ini justeru yang diduga menghabiskan porsi daya baterai lebih banyak dibandingkan aplikasi yang berjalan dan tampil di layar monitor. Di Windows 10, Anda dapat memeriksa aplikasi yang mana saja yang menguras daya baterai dengan memanfaatkan fitur barunya, Battery Use.

Seperti fitur baru Windows 10 yang lain, Baterry Use sebenarnya adalah fitur yang ada Windows Phone dan kemudian menjadi bagian dari dekstop ketika Windows 10 diluncurkan. Fitur ini memberikan informasi rinci terkait aplikasi apa saja yang menguras daya baterai, baik aplikasi dekstop maupun aplikasi built-in Windows 10 sendiri seperti Mail and Calendar, Cortana, Groove Music, Windows Calculator dan lain sebagainya. Fitur baru ini dapat Anda akses dengan cara klik tombol Start, kemudian pilih Settings dan selanjutnya pilih System. Dari laman Settings - Display yang muncul, pastikan Anda berada di tab Battery.

Di bagian Overview, Anda dapat melihat persentase daya baterai yang tersisa dan perkiraan waktu daya baterai akan habis. Untuk melihat aplikasi yang mana saja yang menguras daya baterai dalam kurun waktu tertentu, klik tautang (link) Battery usage by app.

Melihat aplikasi mana yang menguras daya baterai di Windows 10

Di laman ini, Anda dapat melihat aplikasi-aplikasi yang menggunakan daya baterai dalam kurun waktu 24 jam dan juga persentase daya baterai yang telah digunakan. Nampak dalam gambar bahwa persentase penggunaan daya baterai dalam kurun waktu 24 jam oleh Google Chrome sebesar 83%. Ini menunjukkan bahwa selama kurun waktu 24 jam,  Anda mungkin lebih sering menggunakan aplikasi peramban ini. Untuk melihat informasi lebih rinci pada salah satu aplikasi dalam daftar ini, Anda mengklik aplikasi tersebut (dalam contoh ini adalah aplikasi Groove Music).

Melihat aplikasi mana yang menguras daya baterai di Windows 10

Informasi rinci terkait penggunaan daya baterai oleh aplikasi Groove Music ditampilkan. Di sini Anda mendapatkan tambahan opsi untuk menentukan apakah aplikasi ini diperbolehkan untuk berjalan tersembunyi, apakah diserahkan untuk diatur Windows atau tidak diperbolehkan berjalan secara tersebunyi. Namun tidak semua aplikasi dalam daftar mempunyai opsi ini.

Melihat aplikasi mana yang menguras daya baterai di Windows 10

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.