Pin It

Bagi pengguna Microsoft Windows, apa yang pertama kali dibuka ketika ingin menyalin, memindahkan atau menghapus file-file. Sebagian besar dari Anda akan menjalankan aplikasi bawaan Windows File Explorer. Untuk pengguna komputer tingkat lanjut, mungkin tidak akan mengandalkan aplikasi ini semata, mereka juga bisa menggunakan Command Prompt atau Windows PowerShell karena dapat memproses jauh lebih cepat. Namun untuk pengguna Windows pada umumnya akan memilih untuk menggunakan File Explorer karena memiliki antar muka grafis (GUI) yang mudah dioperasikan.

File Explorer merupakan aplikasi pengelola file (file manager application) dari sistem operasi Microsoft Windows. Aplikasi ini sudah cukup lama ada di sistem operasi Windows dimulai dari Windows 95. File Explorer menjadi bagian yang sangat penting di Microsoft Windows karena merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Di antar muka Microsoft Windows 10, File Explorer dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui taskbar. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengakses atau menjalankan File Explorer. Di artikel kali ini, penulis akan menunjukkan beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengakses atau menjalankan File Explorer di Microsoft Windows 10.

1. Melalui kombinasi tombol keyboard Win+E.

Sebagaimana yang mungkin Anda tahu, keyboard menawarkan begitu banyak pintasan (shortcut), salah satunya adalah untuk mengakses atau menjalankan File Explorer. Melalui kombinasi tombol keyboard Win+E, File Explorer dapat diakses atau dijalankan dengan cepat.

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10

2. Melalui pintasan File Explorer di taskbar.

Alternatif lain yang juga tidak kalah cepat dengan pintasan keyboard di atas adalah dengan mengklik langsung File Explorer yang terletak di taskbar untuk menjalankannya. Secara standar, File Explorer merupakan salah satu aplikasi yang ada di taskbar Windows 10 selain Cortana, Windows Store, Task View dan beberapa yang lain.

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10

3. Melalui pencarian di Cortana.

Cortana adalah asisten pribadi cerdas (intelligent personal assistant) yang dibuat oleh Microsoft untuk Windows 10. Cortana menyerupai Siri dari Apple atau Google Now dari Google. Anda cukup mengetikkan apa yang dicari di kotak pencarian (search box) Cortana, misalnya File Explorer, dan hasilnya akan ditampilkan. Anda cukup mengklik hasil pencarian Cortana ini dan File Explorer langsung dijalankan.

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10

4. Melalui pintasan menu WinX.

Ini adalah fitur baru yang mulai diperkenalkan di Windows 8. Microsoft sendiri tidak memiliki nama resmi (official name) untuk fitur ini. Banyak penggiat IT menamakannya WinX karena dapat dipanggil melalui kombinasi tombol keyboard Win+X. Menu WinX menampilkan banyak pintasan aplikasi, salah satunya adalah File Explorer.

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10

5. Menjalankan explorer.exe.

explorer.exe adalah executable file untuk File Explorer. Executable file ini berada di folder Windows. Anda perlu membuka folder Windows dan kemudian mencari executable file ini, apabila telah ditemukan, klik ganda untuk menjalankan File Explorer.

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10

6. Melalui kotak dialog Run.

Cara termudah menampilkan kotak dialog Run adalah melalui kombinasi tombol keyboard Win+R. Dari kotak dialog Run yang muncul, ketikkan "explorer" dan kemudian klik tombo OK untuk menjalankan File Explorer.

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10

7. Melalui Command Prompt.

Command Prompt (cmd.exe) adalah program penterjemah baris perintah (command line interpreter program) yang biasa ada di sistem operasi Microsoft Windows. Untuk menjalankan File Explorer melalui Command Prompt, jalankan terlebih dahulu Command Prompt, lalu ketikkan "explorer" dan akhiri dengan menekan tombol keyboard Enter.

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10

8. Melalu Task Manager.

Cara tercepat menampilkan Task Manager adalah melalui kombinasi tombol keyboard Ctrl+Alt+Del dan kemudian pilih Task Manager. Untuk menjalankan File Explorer dari Task Manager, klik menu File dan kemudian submenu Run new task. Dari kotak dialog Create new task yang muncul, ketikkan "explorer" dan kemudian klik tombol OK.

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10

9. Melalui Windows PowerShell.

Windows PowerShell adalah antarmuka baris perintah (command line interface) yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows PowerShell merupakan tool yang lebih powerfull dibandingkan dengan Command Prompt. Untuk menjalankan File Explorer melalui Windows PowerShell, jalankan terlebih dahulu Windows PowerShell, lalu ketikkan "explorer" dan akhiri dengan menekan tombol keyboard Enter.

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10

10. Melalui menu Start Windows.

Klik tombol Start (berupa logo Windows) yang terletak di sudut kiri bawah (1). Dari daftar program atau aplikasi yang muncul, gulung ke bawah sampai Anda menemukan kelompok Windows System. Klik di Windows System untuk menampilkan daftar program atau aplikasi lainnya dan kemudian cari File Explorer (2).

Babarapa cara menjalankan File Explorer di Windows 10