version number dan build number Windows 10
Pin It

Windows XP merupakan sistem operasi buatan Microsoft tersukses yang pernah ada sampai saat ini. Sistem operasi ini digunakan dalam kurun waktu cukup lama yaitu 13 tahun sejak peluncurannya pada tahun 2001 sampai pada April 2014. Penggantinya, Windows Vista yang diluncurkan tahun 2016 kurang mendapat tempat. Sistem operasi berikutnya, Windows 7 mendapat apresiasi cukup dan digunakan selama hampir 6 tahun dari pertengahan tahun 2009 sampai awal tahun 2015. Setelah Windows 7, Microsoft merilis berturut-turut Windows 8, Windows 8.1 dan yang terbaru Windows 10.

Di setiap rilis Windows, Microsoft selalu memberikan update (pembaruan) melalui Windows update atau opsi update lainnya. Betapa Anda mungkin masih ingat ketika memeriksa sistem komputer dan mendapati informasi seperti Windows XP Service Pack 1, 2 atau 3. Penggunaan update dengan istilah Service Pack (SP) cukup dikenal sampai Windows 7. Windows 8, 8.1 dan yang terbaru Windows 10 sudah tidak lagi menggunakan service pack dan diganti dengan istilah build number. Namun benarkan demikian? Untuk pengguna Windows 10, Anda dapat mengakses informasi terkait sistem komputer dan akan mendapati istilah edition, version dan os build.

Di screenshot sistem komputer Windows 10 di bawah yang penulis gunakan diperoleh informasi berupa edition Windows 10 Pro (Profesional), version number 1607 dan build number 14393. Nama versi (version name) sistem operasi seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 juga mempunya nomor versi (version number) yang berturut-turut adalah 5.1, 6.0, 6.1, 6.2, 6.3 dan 10.0 (sumber https://msdn.microsoft.com). Nomor versi untuk Windows 10 adalah 10.0, lalu bagaimana dengan nomor versi 1607 dari screenshot komputer yang penulis gunakan? Apa perbedaan kedua nomor versi di sistem operasi Windows 10 tersebut?

Memang agak sedikit membingungkan ketika hal ini dikaitkan dengan informasi yang terdapat di sistem komputer Windows 10. Apakah ini ada kaitannya dengan keinginan Microsoft untuk terus mengembangkan Windows 10 tanpa batas? Sebagaimana yang diberitakan bahwa Windows 10 adalah versi terakhir dari sistem operasi Windows dan rilis terakhir Windows 10 akan mendapatkan update seperlunya dan berkelanjutan. Apakah ini berarti juga tidak akan ada lagi versi Windows berikutnya setelah Windows 10, tidak akan ada Windows 11, Windows 12, Windows 13 dan seterusnya? Kita perlu menunggu apakah berita ini benar adanya atau tidak.

Apabila mengacu kembali pada keinginan Microsoft terhadap Windows 10 sebagai rilis terakhir dari sistem operasi Microsoft Windows, maka version number dan build number di Windows 10 merupakan tonggak sejarah (milestone) dalam pengembangan sistem operasinya. Windows 10 adalah version name, sedangkan version number-nya adalah 10.0. Windows 10 sendiri mempunyai beberapa rilis utama (major release) yang juga disebut dengan version (versi). Sampai saat ini, beberapa major release telah dikeluarkan seperti version 1507 (Threshold 1), version 1511 (Threshold 2), version 1607 Anniversary Update (Redstone 1) dan version 1703 Creators Update (Redstone 2) yang perkiraan rilisnya pada awal 2017 (sumber https://en.wikipedia.org). Masing-masing versi Windows 10 tersebut juga memiliki build number - build number-nya sendiri.

Terkait dengan sistem operasi Windows 10, mungkin kita dapat menarik beberapa hal dari ulasan di atas untuk lebih mendapatkan gambaran jelas terkait dengan version number dan build number. Version number 10.0 adalah istilah lain untuk version name Windows 10. Setiap rilis utama (major release) Windows 10 akan diberi version number-nya sendiri seperti version 1507, version 1511, version 1607 Anniversary Update dan version 1703 Creators Update. Rilis utama ini kemudian dibagi lagi menjadi update yang lebih rutin dengan istilah build number seperti Windows 10 version 1607 Anniversary Update (Redstone 1) dengan build number 14393.576.

Di sistem operasi Windows 10, melakukan update adalah keharusan (mandatory). Sampai di Windows 10 version 1607 Anniversary Update (Redstone 1), setiap unduhan update selesai, Windows 10 akan menginstalnya secara otomatis dan tidak ada cara membatalkannya. Cara terbaik menghindari update adalah dengan mengaturnya ke unmetered connection atau tidak melakukan koneksi ke internet agar Windows 10 tidak mengunduh (download) update yang ada. Oleh karena itu dua buah unit komputer yang menjalankan Windows 10 belum tentu memiliki sisi keamanan, dukungan hardware dan juga kelengkapan fitur yang sama meskipun apabila dilihat dari antar muka grafis awal tidak menunjukkan perbedaan.

Anda mungkin bingung ketika teman Anda dapat merubah pengaturan untuk mengaktifkan tema gelap (baca artikel Cara Menggunakan Tema Gelap (Dark Theme) Di Windows 10 Anniversary Update dan Cara Menggunakan Mode Tema Gelap (Dark Theme) Di Peramban Microsoft Edge) sedangkan Anda tidak. Anda dapat memeriksa terlebih dahulu sistem komputer untuk mengetahui apakah mempunyai version number dan build number yang sama dengan sistem komputer yang digunakan teman Anda. Bisa jadi teman Anda terkoneksi ke internet dan terus menjalankan update yang ada sehingga dapat melakukan perubahan pengaturan tersebut. Untuk mengetahui version number dan build number sistem komputer Windows 10, klik tombol Start, kemudia pilih Settings, kemudian System (Display, notifications, apps, power) dan di area sebelah kiri bawah pilih About.

Version number dan build number Windows 10

Baca artikel terkait lainnya: