Microsoft Windows 10

Sepertinya Microsoft telah merubah pola internal untuk update (pembaruan) di sistem operasi terbarunya, Microsoft Windows 10. Tidak ada lagi penamaan update menggunakan Service Pack (SP) seperti halnya di Windows XP sampai dengan Windows 7. Saat itu Kita dapat mengetahui secara sederhana update service pack dari Windows XP yang Kita gunakan. Update berupa service pack tersebut melekat pada nama versi dari sistem operasinya seperti Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service pack 3, Windows 7 Service Pack 1 dan sebagainya.

Di Microsoft Windows 10, pola update internal mengalami perubahan yang sedikit agak membingungkan. Windows 10 adalah version name, sedangkan version number-nya adalah 10.0. Windows 10 sendiri juga mempunyai beberapa rilis utama (major release) yang juga disebut dengan version (versi). Sampai saat ini, beberapa major release telah dikeluarkan seperti version 1507 (Threshold 1), version 1511 (Threshold 2), version 1607 Anniversary Update (Redstone 1) dan version 1703 Creators Update (Redstone 2). Masing-masing major release tersebut juga memiliki apa yang disebut dengan build number seperti Windows 10 version 1607 Anniversary Update (Redstone 1) dengan build number 14393.576. Masing-masing major release memiliki beberapa build number.

Di era Microsoft Windows 10, build number mulai menjadi penting. Diibaratkan seperti service pack, build number juga merupakan update yang diberikan oleh Microsoft. Build number adalah update yang umumnya berisi penyempurnaan fitur Windows yang telah ada, perbaikan celah keamanan atau juga tambahan dukungan untuk platform perangkat keras (hardware) tertentu. Perubahan ke pola update yang baru ini merupakan penanda tonggak sejarah dalam pengembangan sistem operasi Windows.

Jika Anda telah mengatur Windows 10 ke unmetered connection, Windows 10 akan mengunduh update secara diam-diam dan menginstalnya setelah unduhan selesai. Untuk sementara ini, sampai Windows 10 version 1607 Anniversary Update, Anda tidak dapat membatalkan instalasi update. Anda hanya dapat mencegah Windows 10 untuk mengunduh update dengan cara merubah pengaturannya ke metered connection. Karena sangat pentingnya update, update di Windows 10 merupakan suatu keharusan (mandatory). Terkadang Anda juga perlu memeriksa sistem komputer untuk mengetahui apakah sudah memiliki update yang terkini. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui version number dan build number di Microsoft Windows 10 yang Anda gunakan:

1. Melalui perintah winver.

Tekan kombinasi tombol keyboard Win+R untuk menjalankan kotak dialog Run. Di kotak dialog Run yang muncul, ketikkan "winver" dan kemudian klik tombol keyboard OK. Di jendela About Windows yang muncul, Anda akan melihat version number dan build number.

Cara mengetahui version number dan build number di Windows 10

2. Melalui Settings - System.

Klik tombol Start yang terletak di sudut kiri bawah dan kemudian pilih tombol Settings. Di laman Windows Settings yang muncul kemudian pilih System (display, notificatons, apps, power). Laman Settings - System akan muncul, di area sebelah kiri di bagian paling bawah, kemudian pilih About. Version number dan build number beserta informasi rinci lainnya akan ditampilkan di area sebelah kanan.

Cara mengetahui version number dan build number di Windows 10