Pin It

Recycle Bin, bagi pengguna sistem operasi Microsoft Windows mungkin sudah tidak asing lagi. Recycle Bin adalah tempat dimana file atau folder yang dihapus atau yang terhapus disimpan untuk sementara waktu. Recycle Bin sebenarnya adalah fasilitas penyelamat yang disediakan oleh Windows. Tidak semua file atau folder yang ada di Recycle Bin adalah file atau folder yang dihapus dengan sengaja, bisa jadi adalah file atau folder yang terhapus tanpa sengaja. Apabila Anda kemudian ingin mendapatkan kembali file atau folder yang dihapus sengaja atau terhapus tidak sengaja, Anda bisa mendapatkan kembali file atau folder tersebut melalui Recycle Bin.

Recycle Bin sudah lama ada di Windows sejak Windows 95. Sebagai tempat sementara file atau folder yang dihapus atau terhapus, dari waktu ke waktu, Recycle Bin menjadi semakin penuh, tidak hanya dalam jumlah keseluruhan file atau folder tetapi juga ukuran keseluruhan file atau folder. Recycle Bin sebenarnya mempunyai ukuran maksimal ruang penyimpanan untuk file dan folder yang diambil dari hard disk. Apabila ukuran maksimal ruang penyimpanan tercapai, file atau folder paling lama akan dihapus secara permanen guna memberi ruang untuk file atau folder baru yang masuk.

Bagi sebagian besar orang, Recycle Bin adalah fitur Windows yang sangat berguna, namun bagi sebagian yang lain mungkin belum pernah mendapati bahwa Recycle Bin benar-benar begitu bermanfaat. Orang yang beranggapan demikian lebih memilih untuk merubah pengaturan standar Recycle Bin agar setiap file atau folder yang dihapus tidak disimpan di Recycle Bin (baca artikel Menghapus File Atau Folder Tanpa Menyimpannya Di Recycle Bin). Dengan demikian keberadaan ikon Recycle Bin di dekstop Windows dianggap tidak perlu lagi dan dapat dihilangkan.

Menyembunyikan atau menghapus ikon Recycle Bin bukan perkara yang mudah, justru untuk pengguna rata-rata Windows malah membingungkan. Setiap versi baru Microsoft Windows mempunyai cara berbeda dalam menyembunyikan atau menghapus ikon Recycle Bin, tidak terkecuali di Windows 10. Menyembunyikan atau menghapus ikon Recycle Bin dari dekstop Windows 10 dianggap lebih rumit lagi. Namun dengan mengikuti langkah yang disajikan di artikel ini, Anda dapat menyembunyikan atau menghapus ikon Recycle Bin dari dekstop Windows 10 dengan mudah.

Terlebih dahulu klik kanan di area kosong dekstop, dari menu pintas yang muncul, pilih Personalize.

Menyembunyikan atau menghapus ikon Recycle Bin dari desktop Windows 10

Di laman Settings - Personalizaton yang muncul, klik Themes di area sebelah kiri (1) dan kemudian pilih Desktop icon setting di area sebelah kanan untuk menampilkan kotak dialog Desktop icon settings (2).

Menyembunyikan atau menghapus ikon Recycle Bin dari desktop Windows 10

Di kotak dialog Desktop icon settings yang muncul, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Recycle Bin (1) dan kemudian klik tombol Apply untuk menyembunyikan atau menghapus ikon Recycle Bin dari dekstop Windows 10 (2).

Menyembunyikan atau menghapus ikon Recycle Bin dari desktop Windows 10