Microsoft Edge adalah browser standar di sistem operasi Microsoft Windows 10 menggantikan browser Microsoft Internet Explorer 11. Edge bukan browser penerus Internet Explorer, melainkan adalah browser baru yang dikembangkan oleh Microsoft dari awal untuk Windows 10. Edge adalah browser yang cepat, aman, lebih hemat dalam pemakaian baterai dan juga didesain untuk menangani web-web modern saat ini. Seperti halnya browser-browser modern lainnya, Edge juga tampil dengan rupa yang cukup sederhana dan minimalis dengan minimal tombol di bagian atas.

Seperti tidak mau mengulangi kegagalan yang pernah dialami Internet Explorer 8 yang lambat dalam mengadopsi standar teknologi terbaru, sebagaimana browser-browser lainnya, Edge juga dilengkapi dukungan pada ekstensi serta menyertakan fitur dan teknologi standar web masa kini. Microsoft telah mempersiapkan dan membangun Edge untuk bisa bersaing dengan browser-browser lainnya seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Namun sebagai browser baru, Edge belum benar-benar memiliki fitur dan kesempurnaan seperti halnya browser-browser lain yang sudah lebih dulu ada.

Microsoft terus melakukan penyempurnaan dan melengkapi Edge dengan berbagai fitur baru. Penyempurnaan dan penambahan fitur pada Edge ini umumnya disertakan dalam rilis build terbaru (update utama) Windows 10. Sebagaimana browser lain yang memiliki halaman pengaturan (settings page) yang tersebunyi, Edge juga dilengkapi dengan fitur ini. Anda dapat mengakses halaman pengaturan tersembunyi tersebut dengan mengetikkan about:config di Firefox, about:flags di Chrome dan juga about:flags untuk Edge. Maksud halaman pengaturan tersebut disembunyikan adalah agar tidak terakses oleh pengguna browser pada umumnya.

Halaman pengaturan about:flags browser Edge berisi opsi-opsi lanjutan dan juga fitur-fitur eksperimen yang digunakan pengembang Edge untuk menambah atau menghilangkan fungsionalitas dari browser Edge. Namun demikian, fitur-fitur eksperimen ini kemungkinan bisa diperbarui, bisa juga berisi bug atau bahkan bisa dihapus kembali tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Fitur eksperimen ini sebenarnya cukup beresiko untuk browser Edge sendiri. Apabila diaktifkan atau dinonaktifkan bisa berdampak negatif pada performa dan fungsionalitasnya.

Sekalipung halaman pengaturan ini tersembunyi, namun kemungkinan diakses tetap ada apabila komputer bisa digunakan oleh banyak orang. Hal ini akhirnya tidak menjamin bahwa browser Edge akan tetap berfungsi sebagaimana yang seharusnya. Sebenarnya Windows 10 memberi cara bagaimana mencegah agar halaman pengaturan ini tidak bisa diakses oleh penguna browser Edge pada umumnya. Anda dapat melakukan pencegahan melalui group policy atau registry. Apabila Anda berkeinginan mencegah pengaksesan halaman pengaturan about:flags di browser Edge, berikut ini adalah caranya:

1. Menggunakan Group Policy.

Tekan kombinasi tombol keyboard Windows+R untuk menjalankan kotak dialog Run, ketikkan "gpedit.msc" dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK atau dengan menekan tombol keyboard Enter untuk menjalankan Local Group Policy Editor.

Mencegah pengaksesan halaman pengaturan about:flags di browser Microsoft Edge

Di jendela Local Group Policy Editor yang muncul, gunakan bilah samping kiri untuk menavigasi ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Microsoft Edge. Di area sebelah kanan, klik ganda Prevent access to the about:flags page in Microsoft Edge untuk menampilkan kotak dialog Prevent access to the about:flags page in Microsoft Edge.

Mencegah pengaksesan halaman pengaturan about:flags di browser Microsoft Edge

Di kotak dialog Prevent access to the about:flags page in Microsoft Edge yang muncul, pilih opsi Enabled (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Mencegah pengaksesan halaman pengaturan about:flags di browser Microsoft Edge

2. Menggunakan Registry Editor.

Tekan kombinasi tombol keyboard Windows+R untuk menjalankan kotak dialog Run, ketikkan "regedit" dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK atau dengan menekan tombol keyboard Enter untuk menjalankan Registry Editor.

Mencegah pengaksesan halaman pengaturan about:flags di browser Microsoft Edge

Di jendela Registry Editor yang muncul, gunakan bilah samping kiri untuk menavigasi ke key di bawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft

Mencegah pengaksesan halaman pengaturan about:flags di browser Microsoft Edge

Buat key baru bernama Microsoft Edge di key (folder) Microsoft dengan cara klik kanan di key (folder) Microsoft, pilih New, kemudian pilih Key dan selanjutnya ketikkan "Microsoft Edge" (tanpa menggunakan petik dua). Berikutnya buat kembali key baru bernama Main di key (folder) Microsoft Edge yang telah dibuat sebelumnya dengan cara klik kanan di key (folder) Microsoft Edge, pilih New, kemudian pilih Key dan selanjutnya ketikkan "Main" (tanpa menggunakan petik dua). Pilih atau klik key (folder) Main yang baru dibuat (1), di area sebelah kanan, klik kanan tombol mouse untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus), pilih menu New (2) dan kemudian pilih DWORD (32-bit) Value (3).

Mencegah pengaksesan halaman pengaturan about:flags di browser Microsoft Edge

Beri nama DWORD baru tersebut dengan PreventAccessToAboutFlagsInMicrosoftEdge dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Mencegah pengaksesan halaman pengaturan about:flags di browser Microsoft Edge

Klik ganda DWORD baru PreventAccessToAboutFlagsInMicrosoftEdge, di kotak dialog Edit DWORD (32-bit) Value yang muncul, rubah nilai Value data dari 0 menjadi 1 (1) dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK (2). Tutup kembali jendela Registry Editor.

Mencegah pengaksesan halaman pengaturan about:flags di browser Microsoft Edge