Komputer (computer), Anda tentu sudah tidak asing dengan perangkat elektronik yang satu ini. Anda pastinya juga dapat menemukannya komputer dengan mudah di banyak tempat, misalnya di kantor, di sekolah atau bahkan di rumah Anda sendiri. Komputer digunakan untuk memudahkan dan juga meringankan pekerjaan kita. Apabila diperhatikan secara umum, komputer sendiri dapat terdiri dari berbagai macam perangkat keras (hardware). Ada CPU, memori, hardisk atau SSD, monitor, mouse, printer, keyboard, webcam dan lain sebagainya. Pernahkan Anda bertanya-tanya bagaimana komponen perangkat keras tersebut bisa bekerja atau berfungsi?

Komputer mulai dapat difungsikan dan dimanfaatkan apabila sudah ada perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Perangkat lunak komputer yang umum dikenal adalah sistem operasi seperti Microsoft Windows 10 dan program aplikasi seperti Microsoft Office 2016, sedangkan perangkat keras bisa berupa mouse, keyboard, monitor, printer, eksternal hardisk, eksternal webcam, flashdisk dan lain sebagainya. Perangkat keras komputer seperti printer, flashdisk atau eksternal hardisk yang dikoneksikan ke komputer dapat bekerja dan berfungsi dengan bantuan driver.

Driver adalah juga software yang mengontrol tipe perangkat keras tertentu. Driver menyediakan antarmuka untuk perangkat keras agar sistem operasi dan program aplikasi dapat mengakses fungsi dari perangkat keras tersebut. Itulah sebabnya, ketika membeli printer, Anda seharusnya menginstal driver bawaannya dan baru kemudian mencetak dokumen aplikasi Microsoft Word ke printer tersebut. Tanpa menginstal driver, komputer kemungkinan tidak dapat menerima atau mengirim data ke printer dengan benar sehingga printer juga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Sekarang dapat dibayangkan apabila komputer tersusun dari banyak perangkat keras, tentunya juga ada banyak driver yang terinstal di komputer. Namun tidak semua driver perangkat keras harus diinstal karena sebagian besar perangkat keras dapat menggunakan driver bawaan sistem operasi, contonya adalah keyboard dan mouse. Nah sekarang apakah Anda ingin tahu driver apa saja yang sudah terinstal di komputer? Tidak perlu menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk menampilkan daftar driver yang sudah terinstal di komputer.

Jalankan Command Prompt terlebih dahulu dengan cara menekan kombinasi tombol keyboard Win+R untuk menjalankan kotak dialog Run, ketikkan "cmd" (tanpa tanda petik dua) dan kemudian klik tombol OK.

Menggunakan Command Prompt untuk menampilkan daftar driver yang terinstal di Windows

Di jendela Command Prompt yang muncul, ketikkan perintah "driverquery" (tanpa tanda petik dua) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Command Prompt akan menampilkan daftar driver yang terinstal di komputer Anda. Dari daftar yang ditampilkan terdapat empat buah kolom yaitu Module Name, Display Name, Driver Type dan Link Date.

Menggunakan Command Prompt untuk menampilkan daftar driver yang terinstal di Windows

Untuk mendapatkan daftar driver lebih rinci, Anda dapat menggunakan perintah "driverquery /FO list /v" (tanpa tanda petik dua) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Menggunakan Command Prompt untuk menampilkan daftar driver yang terinstal di Windows