Menghentikan update otomatis Windows 10

Sebagian dari Anda mungkin bingung atau bahkan merasa kecewa ketika mengetahui bahwa di Windows 10, Microsoft sudah tidak menyediakan pengaturan untuk menghentikan atau menonaktifkan pembaruan (update). Ini berarti bahwa komputer yang terkoneksi ke internet akan otomatis mengunduh (download) update yang tersedia secara diam-diam tanpa sepengetahuan Anda. Bagi Anda yang menggunakan paket internet, tentu akan menjadi masalah tersendiri karena dapat menghabiskan paket internet dengan cepat. Anda baru menyadari ketika sudah tidak bisa terkoneksi ke internet karena paket internet sudah habis.

Di sistem operasi Windows 10, melakukan update adalah suatu keharusan (mandatory). Update sangat penting dilakukan karena akan lebih menyempurnakan fitur Windows yang telah ada, memperbaiki celah keamanan atau juga memberi tambahan dukungan untuk platform perangkat keras (hardware) tertentu. Tidak seperti versi Windows sebelumnya, karena sangat pentingnya update, Microsoft telah telah memutuskan menghilangkan cara untuk menghentikan update di Windows 10. Ini menjadi dilema tersendiri atara pentingnya update Windows 10 dan biaya paket internet yang dikeluarkan.

Microsoft secara kontinyu memberikan update ke sistem operasi terbarunya ini. Memang apabila dilihat, ukuran file-file update cukup besar, dapat menguras paket internet Anda dengan sangat cepat. Salah satu cara menghindari update adalah dengan mengaturnya ke unmetered connection atau tidak melakukan koneksi ke internet sama sekali. Tentu ini bukan cara yang mungkin Anda inginkan karena terkoneksi ke internet sudah menjadi suatu kebutuhan untuk saat ini.

Sebenarnya masih ada cara untuk mencegah atau menghentikan Windows 10 melakukan update otomatis. Meskipun mencegah atau menghentikan update Windows 10 sangat tidak dianjurkan, namun dengan pertimbangan satu dan lain hal, Anda dapat menghentikan update otomatis Windows 10 melalui fasilitas service yang ada. Dengan cara ini, update otomatis dapat dihentikan meskipun Anda terkoneksi ke internet. Apabila sewaktu-waktu Anda berkeinginan untuk melakukan update, Anda dapat merubah kembali pengaturannya.

Klik Cortana (1), ketikkan "services" di kotak pencarian Cortana (2) dan kemudian klik Services dari hasil pencarian yang ditampilkan (3).

Menghentikan pembaruan (update) otomatis di Microsoft Windows 10

Di jendela Services yang muncul, akan ditampilkan berbagai layanan yang ada, gulung ke bagian bawah untuk mencari Windows Update, klik kanan tombol mouse tepat di layanan Windows Update untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih Properties.

Menghentikan pembaruan (update) otomatis di Microsoft Windows 10

Di kotak dialog Windows Update Propertie (Local Computer), pastikan Anda berada di tab General (1), dari kotak daftar tarik turun (combo box) berlabel Startup type, pilih Disable (2), di bagian Service status, klik tombol Stop yang aktif (3), selanjutnya klik tombol Apply untuk memberlakukan perubahan pengaturan (4) dan selanjutnya akhiri dengan klik tombol OK (5).

Menghentikan pembaruan (update) otomatis di Microsoft Windows 10

Anda dapat mencoba melakukan update untuk memastikan bahwa update Windows 10 tidak berjalan. Klik tombol Check for updates dan Anda akan mendapati pesan seperti gambar di bawah ini.

Menghentikan pembaruan (update) otomatis di Microsoft Windows 10