Windows Store adalah toko online Microsoft dimana Anda dapat menemukan, membeli dan mengunduh aplikasi, game, music dan juga movie & TV. Windows Store merupakan bagian yang tidak terpisahkan di sistem operasi Microsoft Windows dimulai dari Microsoft Windows 8. Melalui Windows Store, Anda sekarang dapat memasang (install) atau memperbarui (update) aplikasi universal yang diinginkan di Microsoft Windows. Dengan Windows Store, aplikasi dapat dipasang dengan cukup mudah, hanya sekali klik saja.

Secara standar, Windows Store diatur untuk dapat memperbarui secara otomatis aplikasi-aplikasi yang dipasang melaluinya. Dalam menjalankan fungsinya, Windows Store memerlukan dan menyimpan detail tentang aplikasi yang tersimpan dan yang tersedia untuk mempercepat proses browsing dan meningkatkan responsifitas aplikasi Windows Store. Namun demikian, Windows Store juga dapat mengalami masalah, misalnya ketika proses mengunduh (download) aplikasi yang akan dipasang, tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Masalah lain juga bisa muncul ketika proses memasang atau memperbarui aplikasi sedang berlangsung, tiba-tiba berhenti dan gagal.

Apabila ini pernah Anda alamai dan sampai sekarang belum terselesaikan, salah satu cara yang dapat dicoba adalah dengan membersihkan dan menyetel ulang (reset) chace dari Windows Store. Untungnya, membersihkan dan menyetel ulang chace Windows Store tidaklah sulit. Microsoft Windows sendiri memiliki utilitas bawaan yang disebut WSReset untuk membersihkan dan menyetel ulang chace Windows Store. Membersihkan dan menyetel ulang chace Windows Store tidak merubah pengaturan akun atau menghapus aplikasi yang sudah terpasang. Berikut ini adalah cara untuk membersihkan dan menyetel ulang chace Windows Store di Windows 10:

Tekan kombinasi tombol keyboard Windows+R untuk menjalankan kotak dialog Run. Di kotak dialog Run yang muncul, ketikkan "wsreset.exe" (tanpa menggunakan tanda petik dua) dan kemudian klik tombol OK.

Membersihkan dan menyetel ulang chace Windows Store

Jendela Windows Store dan Command Prompt akan ditampilkan tanpa ada pesan apapun. Jendela Command Prompt akan menutup otomatis apabila chace Windows Store telah dibersihkan dan disetel ulang. Dengan demikian, Anda dapat mencoba mengunduh, memasang atau memperbarui aplikasi kembali melalui Windows Store.

Membersihkan dan menyetel ulang chace Windows Store