Windows 10 tidak bisa dimatikan

Anda pastinya sudah tahu atau mungkin mengalaminya sendiri bahwa telah banyak ditemukan masalah yang sama ketika mematikan (shutdown) komputer atau laptop Windows 10. Komputer atau laptop Windows 10 tidak benar-benar mati, tampilan layar sudah tidak ada namun lampu indikator masih menyala. Kondisi yang seperti ini tetap membutuhkan daya walaupun dalam jumlah kecil. Masalah ini pula yang penulis hadapi dengan laptop Acer Aspire bersistim operasi Windows 10. Banyak petunjuk atau cara yang ada di internet dicoba, namum tidak berhasil.

Pencarian cara yang tepat untuk mengatasi masalah laptop Windows 10 yang tidak bisa dimatikan akhirnya membuahkan hasil. Setelah membaca begitu banyak artikel atau postingan di internet dan juga mencoba berbagai cara yang ditawarkan di berbagai forum, akhirnya ditemukan satu cara yang tepat dan terbukti berhasil untuk mengatasi masalah laptop Windows 10 yang tidak bisa dimatikan. Mungkin cara ini belum tentu tepat dan sesuai apabila diterapkan pada laptop windows 10 lain yang juga mempunyai permasalahan yang sama karena bisa saja histori laptop Windows 10 sampai kemudian muncul permasalahan tersebut bisa saja berbeda. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba.

1. Bukan faktor Hybrid Shutdown.

Sesuatu yang berjalan tidak dengan semestinya bukan hal yang menyenangkan. Saat itu penulis tetap melakukan pencarian cara untuk mengatasi masalah laptop Windows 10 yang tidak bisa dimatikan karena memang mendapati bahwa merubah pengaturan pada cara baru mematikan sistim Windows 10 yang dikenal dengan Hybrid Shutdown belum benar-benar menyelesaikan masalah yang ada. Anda yang pernah mencoba cara ini mungkin akan mendapati bahwa laptop Windows 10 terkadang benar-benar bisa dimatikan secara total, namun terkadang juga tidak, artinya Anda juga akan mendapati sesekali laptop tidak benar-benar mati dengan lampu indikator masih tetap menyala. Ini menandakan bahwa permasalahan yang sebenarnya tidak terletak pada metode baru Hybrid Shutdown.

2. Permasalahan muncul di Windows 10.

Laptop Acer Aspire dibeli pada tahun 2015 dan saat itu masih menggunakan Windows 7. Tidak lama kemudian, penulis menggantinya dengan Windows 8 dan selanjutnya Windows 8.1 dengan cara melakukan fresh install. Selama menggunakan tiga sistem operasi tersebut, tidak ditemukan adanya permasalahan ketika mematikan sistim Windows. Baru kemudian ketika mengganti sistem operasi dari Windows 8.1 ke Windows 10, muncul permasalahan tersebut yaitu Windows 10 tidak bisa dimatikan secara total, tampilan layar laptop sudah tidak ada namun lampu indikator masih tetap menyala. Satu-satunya cara mematikan secara total adalah dengan menekan tombol power sedikit lebih lama.

Mendapati kenyataan bahwa laptop Windows 10 tidak bisa dimatikan, penulis kemudian mencari cara pemecahannya di internet. Dari berbagai cara yang ada, akhirnya penulis menemukan dan mencoba untuk merubah pengaturan terkait pada cara baru mematikan sistim Windows 10 yang dikenal dengan Hybrid Shutdown dan memang terlihat berhasil. Penulis beberapa kali mencoba dengan mematikan laptop dan laptop benar-benar dapat dimatikan. Namun seiring waktu, masalah sebelumnya muncul kembali walaupun hanya sesekali laptop tidak benar-benar mati dengan lampu indikator masih tetap menyala. Akhirnya laptop cukup lama berada dalam kondisi seperti ini, terkadang bisa dimatikan secara total, terkadang tidak.

3. Tetap mencari pemecahan.

Pada suatu ketika, penulis mencoba kembali mencari cara mengatasi masalah laptop Windows 10 yang tidak bisa dimatikan. Penulis berharap bahwa setelah sekian lama, mungkin sudah ada cara yang tepat dan berhasil untuk mengatasi permasalahan ini yang di-share di internet. Akhirnya penulis tiba di salah satu forum diskusi Microsoft yang membahas tentang mematikan sistim Windows 10. Bahasan dalam forum ini sudah mulai mengarah ke permasalahan driver Intel Management Engine Interface. Salah satu dari peserta forum dengan user name MARC-NY pada 19 September 2016 menyarankan di forum tersebut untuk menginstal driver lama Intel Management Engine Interface (IMEI).

Penulis kemudian mencari tahu apa yang dimaksud dengan Intel Management Engine Interface dan versi berapa yang terdapat di laptop penulis. Tidak banyak artikel atau postingan yang mengulas tentang Intel Management Engine Interface ini dan terus terang penulis sendiri masih belum terlalu paham. Namun intinya, Intel Management Engine Interface adalah antarmuka (interface) yang menggunakan fitur perangkat keras (hardware) Intel Management Engine yang membolehkan interaksi antara sistim perangkat keras level tinggi dan sistim perangkat keras level rendah di dalam sistim komputer. Ketika diperiksa, driver Intel Management Engine Interface yang terdapat di laptop penulis adalah versi 11 (versi terbaru).

4. Kemungkinan permasalahan.

Permasalah Windows 10 yang tidak bisa dimatikan ini kebanyakan dijumpai pada komputer yang awalnya menggunakan versi sistem operasi sebelumnya seperti Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1 dan kemudian berpindah ke Windows 10, baik melalui cara clean install atau proses upgrade ke versi yang lebih tinggi. Kemungkinan pertama, saat pindah ke Windows 10 inilah, versi terkini driver Intel Management Engine Interface diinstal. Namun demikian, firmware Intel Management Engine ini kurang bisa berkomunikasi dengan host sistem operasi Windows 10. Kemungkinan kedua, driver terbaru Intel Management Engine Interface kurang stabil dibandingkan dengan versi sebelumnya. Ini terbukti ketika mencoba memperbarui ke versi yang paling terkini (Intel Management Engine Interface version 11.0.5.1189), masalah Windows 10 yang tidak bisa dimatikan tetap saja muncul.

5. Alternatif driver lama Intel Management Engine Interface.

Ada dua alternatif driver lama Intel Management Engine Interface yang dapat Anda coba instal untuk mengatasi masalah Windows 10 yang tidak bisa dimatikan. Anda dapat menginstal driver Intel Management Engine versi 10.0.30.1054 atau menginstal driver Intel Management Engine versi 9.5.24.1790. Dari kedua versi ini, Intel Management Engine versi 10.0.30.1054 lebih mendekati ke versi yang terkini dan ini juga menjadi pilihan penulis saat itu. Apabila driver Intel Management Engine versi 10.0.30.1054 tidak bisa menyelesaikan masalah, Anda dapat mencoba driver Intel Management Engine versi 9.5.24.1790. Anda dapat memperoleh kedua file rar driver tersebut melalui tautan (link) di bawah ini. Sebelum menginstal atau memperbarui driver Intel Management Engine di laptop atau komputer, Anda perlu mengekstrak terlebih dulu file rar tersebut.

Driver Intel Management Engine Interface versi 9.5.24.1790.

http://www.mediafire.com/file/73ff7l36uz78nzl/Intel+MEI+Driver+INF+v9.5.24.1790.rar

Driver Intel Management Engine Interface versi 10.0.30.1054.

http://www.mediafire.com/file/27u36u2oznan64u/Intel+MEI+Driver+INF+v10.0.30.1054.rar

6. Instalasi driver Intel Management Engine Interface.

Pertama, Anda perlu memastikan versi driver Intel Management Engine Interface yang terinstal di komputer terlebih dahulu. Apabila mendapati yang terinstal adalah versi terkini (versi 11), Anda dapat mengunduh versi lama yang paling mendekati yaitu versi 10.0.30.1054 dari link di atas. Tempatkan file unduhan driver Intel Management Engine Interface di folder tertentu dan kemudian ekstrak. Untuk memulai proses instal driver, tekan kombinasi tombol keyboard Windows+X atau klik kanan tombol Start untuk menampilkan daftar menu WinX dan kemudian pilih Device Manager.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Di jendela Device Manager yang muncul, di bagian bawah, klik anak panah ke kanan (bisa juga klik ganda) System devices.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Dari daftar System devices yang muncul, klik ganda Intel(R) Management Engine Interface.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Di kotak dialog Intel(R) Management Engine Interface Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Driver (1) dan kemudian klik tombol Update driver... (2). Di kotak dialog ini, Anda dapat melihat versi driver Intel Management Engine Interface yang Anda miliki yang mungkin berbeda dengan screenshot di bawah. Di contoh ini, penulis telah menginstal terlebih dahulu driver Intel(R) Management Engine Interface versi 10.0.30.1054.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Di kotak dialog Update Driver Software - Intel(R) Management Engine Interface yang muncul, klik Browse my computer for driver software.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Masih di kotak dialog Update Driver Software - Intel(R) Management Engine Interface, klik Let me pick from a list of device drivers on my computer.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Di kotak dialog Update Driver Software - Intel(R) Management Engine Interface berikutnya, klik tombol Have Disk...

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Di kotak dialog Install From Disk yang muncul, klik tombol Browse...

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Di kotak dialog Locate File yang muncul, arahkan ke folder tempat file ekstraksi dan kemudian pilih file heci.inf (1) dan kemudian klik tombol Open (2). Anda akan diarahkan kembali ke kotak dialog Install From Disk dan kemudian klik tombol OK.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Kembali lagi ke kotak dialog Update Driver Software - Intel(R) Management Engine Interface, klik tombol Next untuk mulai menginstal driver.

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)

Proses instalasi cukup singkat dan apabila telah selesai, klik tombol Close. Lakukan proses restart dan Anda dapat mencoba mematikan kembali sistem Windows 10. Penulis sarankan, apabila Anda pernah melakukan perubahan pengaturan terkait dengan Power Options, sebaiknya dikembalikan ke pengaturan standarnya (default settings).

Mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan (shutdown)