Windows 10 Version 1703 Creators Update

Kedatangan Windows 10 yang menggantikan sistem operasi sebelumnya Windows 8.1 membawa begitu banyak harapan bagi pengguna Microsoft Windows. Apalagi Microsoft sendiri telah santer memberitakan kehadiran Windows terbarunya yang membawa begitu banyak perubahan dalam sejarah sistem operasi yang mereka miliki. Memang tidak dipungkiri bahwa Windows 10 hadir dengan antarmuka yang fresh, sama sekali berbeda dari pendahulunya, Windows 8.1. Ini menandakan bahwa Microsoft telah benar-benar serius menggarap dan mempersiapkan Windows 10 untuk menjadi berbeda, bukan sekedar polesan, namun perubahan nyata di luar dan di dalam.

Windows 10 disediakan secara gratis sebagai free upgrade untuk mereka yang memiliki Windows 7 atau Windows 8.1 asli. Langkah Microsoft memberikan Windows 10 secara gratis telah disambut baik dan antusias oleh pencinta Windows. Banyak pengguna Windows yang kemudian melakukan upgrade ke Windows 10 saat mendapatkan notifikasi dari Microsoft di sistim Windows yang mereka gunakan. Selang sebulan, mulai bermunculan keluhan yang salah satunya adalah komputer Windows 10 tidak bisa dimatikan (shutdown) secara total.

Fenomena Windows 10 tidak bisa dimatikan terutama dialami oleh mereka yang melakukan upgrade dari sistem operasi Windows sebelumnya ke Windows 10. Laptop yang penulis gunakan, Acer Aspire E5-471G, termasuk salah satunya. Permasalahan Windows 10 tidak bisa dimatikan total mulai menjadi bahasan di banyak forum di internet dan menjadi salah satu topik terhangat waktu itu. Beberapa anggota forum menyarankan untuk melakukan downgrade, kembali ke sistem operasi sebelumnya karena menganggap hardware komputer tidak mendukung untuk Windows 10.

Banyak pula anggota forum yang memberikan solusi untuk mencoba update driver hardware yang bermasalah karena ini mungkin adalah penyebabnya. Ada yang menyarankan untuk melakukan fresh install yang mungkin dapat menyelesaikan masalah. Ada yang menyarankan untuk melakukan pemeriksaan sistem komputer menggunakan software tertentu. Ada yang memberi solusi untuk merubah pengaturan (setting) Hybrid Shutdown yang menjadi cara baru untuk mematikan sistem operasi Windows 10.

Penulis sendiri juga pernah mencoba beberapa solusi yang ada di forum seperti update beberapa driver walaupun sebenarnya saat itu tidak ada driver yang bermasalah dan semua sudah yang terkini (up-to-date) dan juga melakukan perubahan pengaturan Hybrid Shutdown. Kesan awal, melakukan perubahan pengaturan Hybrid Shutdown nampak berhasil. Laptop penulis yang awalnya sama sekali tidak bisa dimatikan total, akhirnya bisa dimatikan, namun tidak selamanya. Sesekali didapati laptop penulis tidak bisa juga dimatikan secara total. Ini menandakan bahwa melakukan perubahan pengaturan pada Hybrid Shutdown bukan solusi yang tuntas.

Banyak forum-forum lain juga memberikan solusi yang hapir mirip atau sangat mirip untuk mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan total . Akhirnya penulis menghentikan pencarian dan membiarkan laptop dalam kondisi seperti ini. Untuk mematikan laptop secara total, penulis cukup menekan tombol power sedikit lebih lama. Tentu, ini bukan cara yang baik dan justeru bisa merusak laptop itu sendiri. Setelah sekian lama, akhirnya penulis memutuskan untuk mencari kembali dan beranggapan bahwa telah ada cara yang tepat yang sudah di-share di forum-forum.

Di salah satu forum diskusi Microsoft, ada anggota forum yang menyarankan untuk menginstal driver lama Intel Management Engine Interface (IMEI). Alternatif yang diberikan yaitu kembali menginstal driver Intel Management Engine Interface versi 10.0.30.1054 atau menginstal driver Intel Management Engine Interface versi 9.5.24.1790. Penulis kemudian memeriksa driver Intel Management Engine Interface laptop dan mendapati versi 11.0.5.1189. Akhirnya penulis memutuskan untuk mencoba menginstal driver versi 10.0.30.1054, versi yang paling mendekati versi driver laptop penulis. Setelah diinstal, akhirnya masalah Windows 10 tidak bisa dimatikan terpecahkan dan teratasi.

Tanggal 9 April 2017, penulis memutuskan untuk melakukan update utama (besar) dari Windows 10 version 1607 Anniversary Update (Redstone 1) ke Windows 10 version 1703 Creators Update (Redstone 2). Update ke Windows 10 Creators Update ini menggunakan Update Assistant karena dilakukan tiga hari lebih awal dari rilis update resmi Microsoft melalui Windows Update. Setelah proses update yang memakan waktu cukup lama, lebih dari dua jam, selesai dan berjalan lancar, penulis akhirnya teringat tentang driver Intel Management Engine Interface. Penulis mencoba memeriksa dan mendapati driver Intel Management Engine Interface kembali ke versi 11.0.5.1189, namun laptop bisa dimatikan tanpa ada masalah.

driver Intel Management Engine Interface

Driver Intel Management Engine Interface versi 11.0.5.1189 adalah driver yang menyebabkan masalah laptop penulis tidak bisa dimatikan ketika masih menggunakan Windows 10 version 1607 Anniversary Update. Apakah ini berarti Microsoft telah melakukan perbaikan untuk permasalahan tersebut di Windows 10 Creators Update? Mungkinkah ini jawaban Microsoft atas keluhan pengguna Windows-nya karena tidak bisa mematikan sistem Windows 10 secara total? Di banyak forum dan mungkin juga melalui feedback form, pengguna Windows 10 mengharapkan Microsoft secepatnya menyertakan perbaikan terkait masalah ini di setiap update kecil (bukan update utama) yang diberikan.

Walaupun sedikit lama, nampaknya Microsoft telah menyertakan perbaikan untuk masalah Windows 10 yang tidak bisa dimatikan di update utama ke Windows 10 Creators Update. Mungkin, dengan melakukan update ke Windows 10 version 1703 Creators Update akan dapat mengatasi permasalahan yang sama yang saat ini masih dihadapai oleh sebagian pengguna Windows 10. Bila memang benar, ini adalah salah satu perbaikan bug yang disertakan di Windows 10 version 1703 Creators Update. Secara antarmuka grafis, Windows 10 Creators Update dan Windows 10 Anniversary Update tidak ada perbedaan berarti, namun pastinya Windows 10 Creators Update membawa sesuatu yang baru dan lebih baik, penambahan fitur, peningkatan fitur, perbaikan bug dan sebagainya. Silahkan melakukan update, digali dan dieksplorasi!