Ketika Anda selesai melakukan upgrade Windows dari Windows lama ke Windows 10 misalnya atau ketika baru-baru ini Anda telah melakukan update Windows 10 dari versi sebelumnya, Windows 10 version 1607 Anniversary Update ke versi terbaru Windows 10 version 1703 Creators Update, Anda akan mendapati sebuah folder bernama Windows.old di sistim komputer. Folder Windows.old ini merupakan salinan dari versi Windows lama Anda yang tidak dihapus.

Folder Windows.old terletak di drive dimana sistem operasi Microsoft Windows Anda terinstal dan umumnya adalah drive C:. Windows.old merupakan mekanisme pengamanan jika terjadi kegagalan dalam proses upgrade atau update. Jika sesuatu yang buruk terjadi saat upgrade atau update dan kemungkinan tidak dapat melanjutkan proses, Window 10 akan menggunakan Windows.old untuk membatalkan perubahan yang sudah terlanjur terjadi (roll back).

Jika proses upgrade atau update berjalan lancar, tidak ada kendala dan versi terbaru tidak ada masalah, Anda sudah tidak memerlukan lagi Windows.old. Ukuran (size) Windows.old cukup besar, bisa di atas 15 GB. Apabila ini Anda biarkan, akan memakan ruang hard disk komputer, sesuatu yang patut disayangkan. Artikel kali ini akan menunjukkan kepada Anda cara mudah menghapus folder Windows.old dari sistem komputer. Anda tidak cukup menghapus dengan menekan tombol keyboard Delete, Anda dapat menggunakan Disk Cleanup, utilitas bawaan Windows sendiri untuk melakukan penghapusan.

Jalankan File Explorer, Anda dapat mengakses File Explorer dengan cepat dari taskbar. Klik kanan drive Local Disk (C:) untuk menampilkan menu pintas (1) dan kemudian pilih Properties (2).

Menghapus folder Windows.old dari Windows 10

Di kotak dialog Local Disk (C:) Properties yang muncul, klik tombol Disk Cleanup.

Menghapus folder Windows.old dari Windows 10

Di kotak dialog Disk Cleanup for (C:) yang muncul, klik tombol Clean up system files.

Menghapus folder Windows.old dari Windows 10

Beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Previous Windows installation(s) (1) dan kemudian klik tombol OK (2). Anda dapat pula memberi tanda centang lainnya untuk ikut serta dihapus.

Menghapus folder Windows.old dari Windows 10

Di kotak dialog konfirmasi penghapusan, klik tombol Delete Files. Jika muncul peringatan Disk Cleanup, klik Yes untuk melakukan proses penghapusan. Tunggu sampai proses penghapusan selesai.