Banner Sistem Operasi

Firefox OS Untuk Mobile Besutan Mozilla

Semakin banyak pilihan sistem operasi yang dapat digunakan di perangkat mobile, menambah semakin ketatnya persaingan dalam merebut pasar sistem operasi. Kompetisi ini menyebabkan beberapa sistem operasi yang ada mulai meredup dan kurang terdengar, beberapa yang lain terus berusaha keras untuk tetap eksis dan sebagian kecil mengenyam ketenaran di puncak popularitas karena mendominasi di berbagai perangkat gerak. Tidak bisa dipungkiri bahwa dominasi sistem operasi mobile saat ini masih dipegang oleh Android (Google), iOS (Apple) dan Windows Phone (Microsoft).

Persaingan diprediksi akan semakin ketat dengan rencana hadirnya Firefox OS di awal tahun 2013. Di dalam benak Anda, kata "Firefox" mungkin sudah tidak asing lagi. Benar, Firefox adalah peramban (browser) terkenal besutan Mozilla. Anda mungkin juga sudah bisa menduga siapa pembuat dan pengembang sistem operasi perangkat mobile Firefox OS ini. Mozilla, pengembang peramban Firefox, sedang menjalankan proyek pembuatan sistem operasi sumber terbuka (open source) untuk perangkat mobile bernama Firefox OS.

Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek" Boot to Gecko" (B2G). Keberadaan proyek ini sendiri sebenarnya telah diumumkan oleh Mozilla pada bulan Juli 2011 tahun lalu. Gecko merupakan inti dari peramban web Firefox yang merender berbagai halaman web. Atas dasar itu, proyek sistem operasi untuk perangkat mobile ini diberi nama Boot to Gecko. Karena nama Gecko kurang bisa dikenal luas dan juga para pengguna akhir lebih mengenal Firefox, nama proyek akhirnya diganti menjadi Firefox OS. Sekarang, proyek ini masih dikerjakan dan terus mengalami perubahan.

Terkait proyek sistem operasi mobile Firefox OS ini, Mozilla telah menyiapkan rekanan baik dari produsen perangkat mobile maupun operator seluler. Produsen perangkat mobile dari China, ZTE dan TCL, telah menyatakan kesiapannya untuk memproduksi perangkat mobile berbasis Firefox OS, sedangkan rekanan dari operator seluler seperti Deutsche Telecom (induk perusahaan T-Mobile), Etisalat (yang beroperasi di 18 negara), Sprint di Amerika dan Telefonica di Spanyol juga telah menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan pada fitur Voice di Firefox OS.

Firefox OS dan Android mempunyai kesamaan yaitu sama-sama merupakan sistem operasi sumber terbuka (open source). Karena bersifat terbuka, kedua sistem operasi ini bisa diunduh dan digunakan secara bebas dan gratis oleh produsen perangkat mobile. Karena kesamaan sebagai sistem operasi sumber terbuka, ini merupakan nila lebih dari Firefox OS untuk mengurangi dominasi beberapa sistem operasi mobile yang sudah terlebih dahulu ada. Kehadiran Firefox OS akan menjadi salah satu pesaing dan bahkan telah diprediksi oleh banyak kalangan akan lebih hebat apabila dibandingkan dengan Google Android.

Sebenarnya kehadiran Firefox OS nantinya tidak akan berhadapan langsung dengan Android karena sasaran peruntukan yang berbeda. Menurut Mozilla, untuk sementara ini Firefox OS akan lebih menyasar pada perangkat mobile kelas menengah ke bawah dengan spesifikasi terbatas. Hasil uji coba yang pernah dilakukan untuk mencicipi sistem operasi baru di perangkat mobile Samsung dan ZTE, dinyatakan bahwa Firefox OS merupakan sistem operasi yang ringan dan dapat berjalan dengan RAM 256 MB.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.