Cara Mengetahui Kapan Sistem Operasi Windows Diinstal Di Komputer

Keluhan terkait lambatnya kerja komputer yang digunakan pernah disampaikan teman kerja kepada penulis beberapa tahun yang lalu. Saat itu kami berdua masih bekerja di salah satu perusahaan swasta di daerah Sudirman dan penulis sendiri juga sedang mengambil kuliah malam di salah satu perguruan tinggi komputer swasta di daerah Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Penulis berpendapat bahwa ada cukup banyak faktor yang menyebabkan komputer menjadi lambat. Beberapa kemungkinan penulis sampaikan kepadanya seperti adanya registri yang rusak (corrupted), banyaknya file sampah (leftover), tidak melakukan disk cleanup secara rutin, tidak pernah menjalankan system defragment atau sering melakukan install dan uninstall program. Dia juga mengatakan secara tidak pasti bahwa telah mulai menggunakan komputer tersebut beberapa tahun yang lalu.

Waktu itu penulis masih menggunakan PC (Personal Computer) dengan sistem operasi Windows 7. Bermula dari keluhan teman kerja tersebut, penulis pada akhirnya juga penasaran kapan tepatnya mulai menggunakan PC yang ada di meja kerja penulis saat itu. Tentu saja hal tersebut sulit terjawab karena memang tidak ada catatan terkait itu.

Cerita singkat di atas mendasari penulisan artikel kali ini. PC yang penulis gunakan waktu itu adalah PC rakitan baru. Bila bisa mengetahui kapan sistem operasi Windows diinstal di PC, kemungkinan juga bisa mengetahui perkiraan penulis mulai menggunakan PC tersebut. Bila ada perbedaan waktu, perbedaannya juga tidak akan terlalu jauh. Windows sendiri sebenarnya memiliki aplikasi untuk mendapatkan informasi terkait sistem, temasuk di sini adalah tanggal instalasinya.

Jalankan kotak dialog Run dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows + R, ketikkan cmd dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter untuk menjalankan Command Prompt. Ketikkan systeminfo.exe dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Diantara informasi sistem yang ditampilkan, Anda dapat memperoleh informasi kapan sistem operasi Microsoft Windows diinstal di komputer.

Cara mengetahui kapan Microsoft Windows diinstal di komputer

Alternatif lain, dengan tidak menampilkan informasi lainnya terkait sistem, Anda dapat memperoleh langsung informasi kapan sistem operasi Microsoft Windows diinstal di komputer dengan mengetikkan systeminfo.exe | find "Original Install Date".

Cara mengetahui kapan Microsoft Windows diinstal di komputer