Apa yang ada di pikiran Anda ketika berbicara tentang format PDF? Bila itu pertanyaannya, penulis akan menjawab aplikasi Adobe Acrobat Pro atau Adobe Acrobat Reader. Meskipun banyak sekali aplikasi alternatif untuk format PDF, dua aplikasi yang dikhususkan untuk format PDF dan dikembangkan oleh Adobe System tersebut masih menjadi yang terbaik.

Adobe Acrobat Pro merupakan aplikasi komersil yang memiliki segudang fitur. Adobe Acrobat Pro dapat digunakan untuk membuat, mengedit dan menampilkan dokumen PDF, sedangkan Adobe Acrobat Reader dapat diunduh gratis dan memiliki fitur terbatas, umumnya hanya untuk menampilkan dokumen PDF saja.

Jika Anda ingin menggabungkan banyak gambar dari berbagai format gambar yang kompatibel di Microsoft Windows 10, Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun, terlebih lagi aplikasi Adobe Acrobat Pro yang harganya cukup mahal. Anda dapat memanfaatkan fitur bawaan Microsoft Windows 10 yaitu Microsoft Print to PDF. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Contoh di artikel ini menggunakan empat gambar dengan format jpg. Sekali lagi, Anda dapat menggunakan format gambar lain yang kompatibel. Pastikan semua gambar telah terseleksi, klik kanan di salah satu gambar untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Print.

Membuat dokumen PDF dari banyak gambar di Microsoft Windows

Di kotak dialog yang muncul, pilih Microsoft Print to PDF dari kotak tarik turun (dropdown box) Printer (1), tentukan ukuran kertas dari kotak tarik turun Paper size (2), bila diinginkan hilangkan tanda centang dari kotak centang Fit picture to frame (3), tentukan layout yang diinginkan (4) dan apabila telah selesai dengan pengaturan, klik tombol Print (5).

Membuat dokumen PDF dari banyak gambar di Microsoft Windows

Di kotak dialog Save Print Output As, tentukan folder tempat penyimpanan (1), beri nama untuk file PDF (2) dan kemudian klik tombol Save (3) untuk menyimpan.

Membuat dokumen PDF dari banyak gambar di Microsoft Windows

Berikut ini tampilan file atau dokumen PDF yang telah dibuat ketika dibuka menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader DC.

Membuat dokumen PDF dari banyak gambar di Microsoft Windows