Secara sederhana path atau jalur dapat diartikan sebagai lokasi dimana file atau folder komputer atau obyek lainnya berada. Ketika menyimpan file atau dokumen Microsoft Office, Anda mungkin membuat hirarki folder atau direktori hanya satu atau dua tingkat saja, namun file atau folder sistem Microsoft Windows dapat terletak di hirarki yang jauh lebih dalam.

Bagi pengguna komputer biasa, path bisa dianggap sesuatu yang tidak terlalu penting, namun di dalam dunia pemrograman atau untuk pemecahan masalah (troubleshotting), path berperan sangat penting. Terkadang, Anda harus mengetahui path (jalur) ke lokasi file atau folder yang diperlukan. Tentu, Anda perlu sedikit usaha untuk menelusuri dan mencatat path ke file atau folder yang terletak di hirarki yang lebih dalam.

Di artikel Menampilkan Path Lengkap (Full Path) Di Title Bar Dari File Explorer, Anda dapat mengetahui path ke file atau folder yang dituju di bilah judul (title bar) dari File Explorer. Di artikel kali ini, akan ditunjukkan cara mudah menyalin path lengkap ke file atau folder di Microsoft Windows menggunakan pintasan menu klik kanan tombol mouse. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Di artikel kali ini kita akan menggunakan file host sebagai contoh. Untuk menyalin path lengkap dari file host ini, tekan dan jangan dilepas tombol keyboard Shift, klik kanan mouse tepat di file host untuk menampilkan menu pintas (1) dan kemudian pilih Copy as path (2).

Menyalin path (jalur) ke file atau folder di Microsoft Windows

Sampai di sini, Anda sudah menyalin path lengkap ke file host. Untuk memastikan path sudah disalin, buka aplikasi Notepad misalnya dan kemudian paste (tempel atau lekatkan). Anda dapat melihat path lengkap ke file host.

Menyalin path (jalur) ke file atau folder di Microsoft Windows