Sebagai pengguna sistem operasi Microsoft Windows, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi gratis Windows Defender. Windows Defender adalah aplikasi proteksi virus dan malware yang mulai disertakan di Windows 8 sebagai pengganti Microsoft Security Essentials. Pada awalnya, antarmuka Windows Defender memiliki kesamaan dengan Microsoft Security Essentials, namun sekarang sudah berbeda. Windows Defender masih menggunakan definisi firus yang sama dengan Microsoft Security Essentials.

Secara standar, Windows Defender akan melakukan scan secara real-time pada file atau folder yang Anda akses untuk mendeteksi atau mencegah terjadinya infeksi. Selain proses scan real-time, Windows Defender juga bisa digunakan untuk melakukan scan manual pada PC Anda kapanpun diinginkan dengan menjalankan aplikasi ini. Sekarang, Windows Defender di versi Microsoft Windows 10 terkini juga memiliki kemampuan untuk melakukan scan cepat pada file atau folder melalui menu pintas klik kanan.

Kemampuan melakukan scan cepat ini tentunya akan sangat berguna bila Anda sering mengunduh file-file dari internet atau Anda sering menyalin file atau folder dari flash disk orang lain. Sebelum melakukan akses lebih lanjut, Anda dapat memeriksa terlebih dahulu keamanan dari file atau folder tersebut. Berikut ini adalah cara cepat melakukan scan file atau folder melalui menu pintas klik kanan:

Jalankan File Explorer dan kemudian klik kanan tombol mouse tepat di file atau folder (1). Dari daftar menu pintas yang muncul, pilih opsi berlabel Scan with Windows Defender... (2).

Scan File Atau Folder Dengan Windows Defender

Aplikasi Windows Defender dijalankan dan langsung melakukan scan file atau folder yang telah diseleksi. Lamanya proses scan tergantung dari jumlah dan ukuran file. Setelah proses scan selesai, Anda akan mendapatkan laporan terkait virus atau malware yang ditemukan dan selanjutnya Anda dapat memilih untuk menghapusnya.

Scan File Atau Folder Dengan Windows Defender