Mengetahui program di Windows adalah 32-bit atau 64-bi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sistem operasi Microsoft Windows masih tetap menjadi yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Meskipun ada begitu banyak sistem operasi alternatif, rasanya Microsoft Windows akan semakin sulit digeser oleh pesaing-pesaingnya. Terlebih lagi, Microsoft Windows versi terkini memiliki fitur yang semakin lengkap dan antarmuka (user interface) yang semakin bagus dan mudah digunakan.

Ada dua versi Microsoft Windows yang beredar di pasaran yaitu versi 32-bit dan 64-bit. Menurut beberapa sumber, sekarang ini pengguna Microsoft Windows versi 64-bit jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan pengguna Microsoft Windows versi 32-bit. Beberapa program atau aplikasi terkenal yang penulis sering gunakan seperti Google Chrome dan 7-Zip kini juga menyediakan versi 64-bit.

Ada banyak perbedaan antara versi 32-bit dan 64-bit baik untuk sistem operasi maupun program. Beberapa perbedaan paling penting dan mudah diingat adalah bahwa versi 64-bit menggunakan lebih banyak RAM dan baik sistem operasi maupun program mempunyai ukuran lebih besar. Bila Anda pengguna sistem operasi Microsoft Windows, Anda dapat mengetahui dengan mudah apakah Anda menjalankan Microsoft Windows versi 32-bit atau 64-bit.

Ada banyak program yang tersedia adalah dalam versi 32-bit atau lebih diprioritaskan untuk versi 32-bit. Bila Anda menggunakan Microsoft Windows versi 32-bit, Anda hanya dapat menginstal program versi 32-bit dan tidak bisa menginstal program versi 64-bit. Bila Anda menggunakan Microsoft Windows 64-bit, Anda dapat menginstal program baik versi 32-bit maupun versi 64-bit.

Setelah sekian lama, komputer Windows Anda tentunya telah terinstal begitu banyak program-program yang memang diperlukan. Bila Anda pengguna Microsoft Windows versi 32-bit, dapat dipastikan bahwa program-program yang terinstal adalah juga versi 32-bit. Namun bila Microsoft Windows Anda adalah versi 64-bit, maka program-program yang terinstal bisa versi 32-bit atau 64-bit. Bila diinginkan, Anda juga dapat mengetahui apakah program yang terinstal di Microsoft Windows adalah versi 32-bit atau 64-bit.

Tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Alt+Delete untuk menampilkan opsi Task Manager dan beberapa opsi perintah interupsi lainnya. Dari opsi perintah yang muncul di layar, pilih Task Manager untuk membuka Task Manager. Di Task Manager yang terbuka dengan tampilan ringkas, klik tombol More details.

Cara mengetahui program di Windows adalah 32-bit atau 64-bit

Sekarang tampilan Task Manager telah berubah rinci dengan menu dan beberapa tab. Untuk saat ini, tap aktif sementara adalah Processes.

Cara mengetahui program di Windows adalah 32-bit atau 64-bit

Berikutnya klik tab Details (1), kemudian klik kanan tepat di baris judul (2) untuk menampilkan menu pintas dan selanjutnya pilih Select Columns (3).

Cara mengetahui program di Windows adalah 32-bit atau 64-bit

Di kotak dialog Select Columns yang muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Platform (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Cara mengetahui program di Windows adalah 32-bit atau 64-bit

Sekarang dapat dilihat kolom baru telah ditambahkan dengan judul (title) Platform. Di kolom tersebut, Anda dapat mengetahui apakah program yang sudah terinstal di Microsoft Windows merupakan versi 32-bit atau 64-bit.

Cara mengetahui program di Windows adalah 32-bit atau 64-bit