Merubah Start Menu di Microsoft Windows 10 menjadi full screen

Mungkin Anda masih ingat dengan banyaknya pengguna sistem operasi Microsoft Windows 8 yang merasa kecewa dengan hilangnya Start Menu. Windows 8 merupakan hasil perubahan besar-besaran oleh Microsoft dari sistem operasi sebelumnya, Windows 7. Perubahan tanpa Start Menu ini dirasa aneh dan banyak sekali orang kesulitan untuk memulai menjalankan program atau aplikasi favoritnya. Tidak membutuhkan waktu lama, Microsoft mengeluarkan update Windows 8.1 yang kemudian mengembalikan Start Menu.

Di rilis Windows 10, Microsoft kembali memperkenalkan desain Start Menu baru. Start Menu di Windows 10 ini merupakan perpaduan dari Start Menu klasik dan model live tiles (ubin hidup) Windows 8. Dapat dikatakan bahwa Start Menu baru di Windows 10 menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan Start Menu yang pernah ada sebelumnya. Selain Start Menu tampilan standar, Windows 10 juga memberikan opsi kepada Anda untuk dapat merubahnya menjadi full screen, memenuhi area layar komputer.

Sebagaimana kita tahu, setiap orang mempunyai rasa dan gayanya sendiri-sendiri. Bila Anda lebih menyukai tampilan Start Menu yang full screen atau komputer yang Anda gunakan sudah berbasis layar sentuh (touch-screen), Anda dapat melakukan perubahan melalui Windows Settings. Berikut ini adalah cara untuk merubah Start Menu di Microsoft Windows 10 menjadi full screen:

Klik tombol Start (1) yang ada di susut kiri bawah dan kemudian pilih tombol Settings (2).

Merubah Start Menu di Microsoft Windows 10 menjadi full screen

Di laman Windows Settings yang muncul, pilih Personalisation.

Merubah Start Menu di Microsoft Windows 10 menjadi full screen

Di laman Settings - Personalisation, klik link Start (1) yang ada di area sebelah kiri dan kemudian klik toggle swicth berlabel User Start full screen untuk mengatur nilainya menjadi On (2). Bila teah selesai, tutup laman Windows Settings.

Merubah Start Menu di Microsoft Windows 10 menjadi full screen