Disable User Account Control (UAC) di Windows

User Account Control (UAC) adalah bagian dari sistem keamanan Microsoft Windows yang mencegah aplikasi atau program membuat perubahan yang tidak diinginkan di sistem Windows. Kotak dialog User Account Control ini muncul ketika aplikasi atau program tertentu mencoba untuk merubah bagian dari sistem Windows. Ketika kotak dialog User Account Control ini muncul, Anda perlu mengkonfirmasi apakah ingin benar-benar melakukan perubahan atau tidak.

Beberapa hal yang mungkin dapat memicu munculnya kotak dialog User Account Control adalah menginstal atau menjalankan aplikasi atau program tertentu serta merubah sistem Windows menggunakan aplikasi atau program tertentu pula. Tidak semua program atau aplikasi akan memunculkan kotak dialog User Account Control, namun kebanyakan adalah program atau aplikasi dari pengembang yang tidak dikenali sistem Windows.

Meskipun User Account Control dapat menghindarkan komputer Windows Anda dari hal yang lebih beresiko, namun banyak pengguna Microsoft Windows merasa terganggu dengan munculnya kotak dialog User Account Control. Sebagian pengguna Microsoft Windows lebih memilih untuk menonaktifkan User Account Control. Bila Anda salah satunya, berikut ini adalah cara menonaktifkan User Account Control (UAC) di Microsoft Windows 10:

Buka atau jalankan Control Panel terlebih dahulu. Anda dapat mengetikkan "control panel" di kotak pencarian Cortana dan dari hasil pencarian yang ditampilkan, pilih Control Panel. Di jendela Control Panel yang muncul, klik System and Security.

Menonaktifkan User Account Control (UAC) di Windows

Di jendela System and Secutiry, klik Security and Maintenance.

Menonaktifkan User Account Control (UAC) di Windows

Di jendela Security and Maintenance, klik Security.

Menonaktifkan User Account Control (UAC) di Windows

Masih di jendela Security and Maintenance, klik Change settings.

Menonaktifkan User Account Control (UAC) di Windows

Di jendela User Account Control Settings, geser tombol slider ke posisi paling bawah di label Never notify (1) dan kemudian klik tombol OK (2) untuk menyimpan perubahan.

Menonaktifkan User Account Control (UAC) di Windows