Microsoft Edge menjadi browser default (tetap) di sistem operasi Microsoft Windows 10. Microsoft sendiri menyatakan bahwa browser Microsoft Edge lebih baik bila dibandingkan dengan browser Microsoft Internet Explorer dan mendorong pengguna Microsoft Windows untuk beralih menggunakan browser Microsoft Edge. Di Microsoft Windows 10, Microsoft Edge menjadi browser yang lebih cepat, aman dan ditujukan untuk web-web modern.

Salah satu yang mungkin kurang disukai oleh pengguna Microsoft Windows adalah banyaknya aplikasi terinstal yang berjalan di balik layar (run in the background), termasuk juga browser Microsoft Edge. Desain Microsoft Windows 10 memungkinkan hal ini agar aplikasi tersebut dapat diperbarui setiap saat. Ini terdengar keren dan bukan masalah bila komputer Anda termasuk kategori high-end dengan RAM cukup besar.

Aplikasi yang berjalan dibalik layar juga ikut memakan memori. Bila komputer Anda mempunyai RAM terbatas, keseluruhan sistem komputer akan menjadi lambat. Bila Anda telah menginstal serta menggunakan browser lain dan bukan Microsoft Edge, Anda dapat menghentikan browser Microsoft Edge agar tidak berjalan di balik layar dan menyediakan memori untuk aplikasi yang benar-benar diperlukan. Berikut ini adalah caranya:

Klik tombol Start (1) yang ada di sudut kiri bawah dan kemudian pilih Settings (2) untuk membuka jendela Windows Settings. Anda juga bisa menggunakan pintasan keyboard dengan menggunakan kombinasi tombol Win+I

Mencegah browser Microsoft Edge selalu berjalan di balik layar

Di jendela Windows Settings yang muncul, klik Privacy (location, camera).

Mencegah browser Microsoft Edge selalu berjalan di balik layar

Di jendela Settings - Privacy, pastikan Anda di memilih tab Background apps (1) dan kemudian rubah nilai toggle swicth browser Microsoft Edge dari On menjadi Off (2). Selain browser Microsoft Edge, Anda dapat melihat aplikasi lainya yang juga berjalan di balik layar. Untuk lebih meningkatkan performa Windows 10, Anda juga dapat menghentikan beberapa aplikasi tersebut.

Mencegah browser Microsoft Edge selalu berjalan di balik layar