Pin It

Ikon (icon) adalah gambar kecil yang merupakan representasi dari program, file atau perintah-perintah yang terdapat pada sebuah program aplikasi. Ikon banyak ditemukan di sistem operasi Microsoft Windows dan merupakan bagian penting dari sistem operasi tersebut. Selain bawaan dari Windows sendiri saat instalasi, ikon di Windows juga berasal dari program-program aplikasi yang diinstal. Semakin banyak dan beragram program aplikasi yang diinstal, semakin banyak dan beragam pula ikonnya. Kekita Windows dimulai, ikon-ikon dapat dengan mudah dilihat di desktop Windows, ditemukan di taskbar, terdapat di hasil pintasan klik kanan di dekstop atau di tombol perintah yang ada di toolbar program aplikasi yang dijalankan.

Menemukan atau mendapatkan ikon di komputer windows bukan sesuatu yang mudah. Aplikasi menyimpan ikon yang digunakan di file EXE atau di ekstensi file lainnya seperti DDL, OCX atau CPL dan secara tidak langsung tersembunyi. Dengan demikian, menemukan atau mendapatkan ikon tertentu tanpa bantuan tool atau program akan menjadi begitu sulit. Beruntungnya ada banyak tool atau program aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengekstrak ikon yang tersimpan file-file tersebut. Tool atau program aplikasi ini memang dibuat secara khusus untuk memudahkan pengambilan ikon yang terdapat di komputer. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. IconsExtract.

Ini adalah aplikasi freeware yang dikembangkan oleh NirSoft. Dengan menentukan file atau folder, IconsExtract secara otomatis akan mengekstrak ikon yang terdapat di dalamnya. IconsExtract berkerja dengan melakukan pemindaian file atau folder yang telah ditentukan sebelumnya dan mengekstrak ikon-ikon yang tersimpan di file EXE, DLL, OCX, CPL atau tipe file lainnya. Ikon yang telah diekstrak dapat disimpan ke file ICO atau cukup menyalin ikon tunggal ke dalam clipboard. IconsExtract adalah file executable mandiri (standalone executable), tidak perlu diinstal dan cukup menjalankan file executable-nya (iconsext.exe). IconsExtract kompatibel dengan sistem operasi Windows 10. Anda dapat mengunduh atau sekedar menemukan informasi lebih rinci di http://www.nirsoft.net/utils/iconsext.html

Aplikasi gratis pengekstrak dkon (icon) di Windows

2. Icons from File

Ini adalah juga aplikasi freeware yang dikembangkan Vitaliy Levchenko Software. Icons from File digunakan untuk mengekstrak dan menampilkan ikon dari file EXE, DLL dan OCX dengan kemampuan memindai folder dan dan kemudian mencari file EXE, DLL dan OCX yang berisi ikon. Dengan menentukan file tertentu yang ikonnya akan diekstrak, Icons from File dapat dengan cepat menampilkan ikon hasil proses ekstrak yang terdapat di file tersebut. Icons from File kompatibel dan bisa diinstal di Windows 10. Anda dapat menemukan aplikasi freeware ini di http://www.vlsoftware.net/icons-from-file/index.html.

Aplikasi gratis pengekstrak dkon (icon) di Windows

3. BeCyIconGrabber.

BeCyIconGrabber adalah aplikasi freeware yang dikembangkan oleh Benjamin Bentmann. Aplikasi ini digunakan untuk mengekstrak ikon dari file EXE, DLL, ICL, OCX, CPL, SRC, ICO dan CUR. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dalam bentuk file executable portable sehingga tidak perlu diinstal atau dalam bentuk file instalasi (installable file). Ketika dijalankan, BeCyIconGrabber memiliki antarmuka yang cukup sederhana dan bersih. Terdapat tiga buah tab di sisi kiri yaitu tab Directory untuk memilih file yang ikonnya akan diekstrak, tab Search untuk mengekstrak semua ikon di direktori yang telah dipilih dan tab Favorites untuk menandai file yang akan sering diakses. Anda dapat menemukan aplikasi freeware ini di http://www.becyhome.de/download_eng.htm.

Aplikasi gratis pengekstrak dkon (icon) di Windows