Rufus, aplikasi portabel gratis untuk membuat bootable USB flash drive

Pemakaian teknologi baru dalam pembuatan komponen perangkat dapat menghasilkan ukuran komponen perangkat dalam bentuk yang lebih kecil. Hal ini pada akhirnya menghadirkan bentuk fisik perangkat yang lebih ringkas namun tetap mempunyai kemampuan yang tidak kalah atau bahkan lebih canggih lagi. Anda bisa bayangkan laptop beberapa tahun lalu yang mempunyai fisik lebar, tebal dan berat, kini berubah cenderung mengecil dan ringan. Kehadiran perangkat netbook merupakan suatu terobosan baru yang menghilangkan komponen disc drive sehingga memiliki bentuk yang kecil, ringan dan lebih mudah dibawa.

Perubahan fisik perangkat yang disertai dengan hadir atau hilangnya fungsi komponen tertentu sejalan dengan semakin berkembangnya perangkat lunak yang ada untuk bisa menyesuaikan pada perubahan tersebut. Pada awalnya instalasi sistem operasi hanya dapat dilakukan melalui bootable DVD atau CD karena belum dikenalnya bootable USB flash drive saat itu. Namun kemudian, seiring dengan perkembangannya, mulai dikenal instalasi sistem operasi menggunakan bootable USB flash drive. Sekarang sudah mulai banyak perangkat lunak (software) yang diinstal ke komputer dengan menggunakan bootable USB flash drive.

Penggunaan bootable USB flash drive telah mulai menggeser peran bootable DVD atau CD sebagai media untuk menginstal perangkat lunak. Bootable USB flash drive tidak hanya diperlukan untuk perangkat yang tidak mempunyai optical drive seperti netbook, namun juga telah menjadi pilihan karena memiliki keunggulan seperti instalasi software lebih cepat, dimensi kecil sehingga lebih praktis dibawa dan ukuran software juga lebih besar, tidak terbatas hanya 4.7 GB seperti pada DVD. Sekarang ini banyak penjualan perangkat lunak hanya berupa lisensi, sedangkan perangkat lunaknya sendiri tersedia untuk diunduh (download) melalui website resminya dalam format ISO.

Rufus, aplikasi portabel gratis untuk membuat bootable USB flash drive

Anda dapat menemukan banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bootable USB flash drive. Salah satu yang terbaik dan bersifat gratis adalah Rufus. Rufus adalah aplikasi portabel sumber terbuka (open source) untuk membuat bootable USB flash drive yang dikembangkan oleh Pete Batard dari Okeo Consulting. Rufus begitu dikenal, selalu ada dan disinggung dalam setiap bahasan mengenai bootable USB flash drive. Kini Rufus nampaknya telah menjadi pilihan dan banyak digunakan oleh mereka yang ingin membuat bootable USB flash drive.

Hal ini memang bukan tanpa alasan. Rufus sendiri dalam situs resminya mengklaim bahwa bisa dua kali lebih cepat dari beberapa aplikasi sejenis lainnya termasuk Windows 7 USB/DVD Download Tool dalam membuat Windows 7 installation drive dan Linux bootable USB dari file ISO. Windows 7 USB/DVD Download Tool juga saya ulas dalam artikel terpisah karena lebih spesifik ke Windows dan tidak dapat digunakan untuk file ISO dari sistem operasi yang lain. Rufus berukuran kecil, mendekati 615 KB dan merupakan aplikasi portabel yang tidak perlu diinstal untuk menggunakannya. Anda cukup mengklik ganda file executable dan aplikasi langsung berjalan.

Antarmuka (interface) Rufus bisa dibilang masih sederhana, mudah dimengerti dan tidak sulit untuk digunakan meskipun Windows 7 USB/DVD Download Tool masih lebih sederhana lagi. Ketika belum ada USB flash disk yang dikoneksikan ke komputer, beberapa kotak teks (text field) masih dalam keadaan kosong, namun setelah USB flash disk dikoneksikan, kotak teks yang kosong akan secara otomastis terisi dengan data dari USB flash disk, Anda tinggal menentukan parameter lainnya atau merubah parameter sesuai yang diinginkan. Sekalipun Anda orang awam yang mungkin baru pertama kali menggunakan Rufus, Anda mungkin tidak akan menemukan kesulitan yang berarti dalam menggunakannya. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui situs resminya di https://rufus.akeo.ie/.

Rufus, aplikasi portabel gratis untuk membuat bootable USB flash drive