Sebagian dari Anda mungkin pernah memblokir aplikasi tertentu menggunakan Windows Firewall. Windows Firewall adalah aplikasi yang sudah disertakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows. Ketika Anda menginstal sistem operasi ini, Windows Firewall secara otomatis akan ikut terinstal. Namun menggunakan Windows Firewall untuk fitur tingkat lanjutnya bukan hal yang sederhana dan mudah, terutama sekali untuk pengguna pemula. Disamping antarmukanya yang terkesan tidak sederhana, memblokir aplikasi menggunakan Windows Firewall juga memerlukan sejumlah langkah yang kompleks.

Firewall App Blocker, nama aplikasi dari pihak ketiga ini menawarkan fungsi serupa Windows Firewall namun dengan antarmuka lebih sederhana. Memblokir aplikasi menggunakan Firewall App Blocker juga tidak memerlukan langkah-langkah yang kompleks. Firewall App Blocker jauh lebih mudah dipahami dan digunakan apabila dibandingkan dengan Windows Firewall. Pengguna pemula, terlepas dari tingkat pengetahuan IT yang dimiliki, tidak akan mengalami kesulitan dalam memblokir aplikasi manapun menggunakan aplikasi ini.

Firewall App Blocker, aplikasi portabel pemblokir aplikasi

Firewall App Blocker adalah aplikasi gratis yang dapat diunduh melalui situs resminya di www.sordum.org. Selain gratis, aplikasi ini juga bersifat portabel yang artinya Anda tidak perlu menginstalnya di sistem operasi Windows. Anda cukup mengunduh (download) file zip, mengekstrak (unzip) dan kemudian menjalankan file executable (.exe). Anda dapat menyimpannya di removable drive seperti flashdisk dan menjalankannya di komputer Windows manapun tanpa meninggalkan jejak di registry sistem.

Ada banyak cara yang dapat Anda pilih ketika ingin menambahkan aplikasi ke dalam daftar blokir di Firewall App Blocker. Anda dapat menggunakan menu perintah, tombol perintah di toolbar, menu pintas klik kanan atau dengan teknik drag and drop sebagaimana kebanyakan aplikasi modern saat ini. Banyak fungsi yang disediakan oleh Firewall App Blocker dan beberapa diantaranya adalah block all, unblock, remove, rename, run file, open folder location. Anda akan mendapatkan dua macam file executable dari hasil ekstraksi yaitu untuk Windows 32-bit dan 64-bit.

Tampilan beberapa submenu dari menu File aplikasi Firewall App Blocker.

Firewall App Blocker, aplikasi portabel pemblokir aplikasi

Tampilan daftar menu pintas ketika mengklik kanan pada salah satu aplikasi di daftar blokir.

Firewall App Blocker, aplikasi portabel pemblokir aplikasi