Apa sebenarnya Windows Experience Index (WEI) itu, begitu pentingkah? Mungkin pertanyaan seperti ini pernah melintas di benak Anda ketika mendapati artikel tentang Experience Index di internet. Bagi sebagian orang awam yang hanya murni pengguna Windows, mungkin tidak akan peduli dan mungkin menganggapnya tidak terlalu penting. Terlebih lagi di sistem operassi Windows 10, graphical interface (UI) untuk Windows Experience Index sudah tidak ada lagi, tepatnya telah dihapus dimulai dari Windows 8.1.

Windows Experience Index adalah fitur yang terdapat di sistem operasi Windows dimulai dari Windows Vista. Windows Experience Index dapat memberitahu seberapa baik hardware (perangkat keras) komputer yang Anda gunakan bisa bekerja dengan sistem operasi Windows. Fitur ini didesain untuk membantu Anda memahami dengan lebih baik kemampuan komputer yang digunakan. Windows Experience Index akan membaca dan menguji lima hardware utama dari sebuah unit komputer yaitu processor, memory, graphics, gaming graphics dan hard disk dan kemudian memberi nilai atau skor.

Bagi sebagian orang, tentunya pengguna Windows tingkat lanjut, nilai atau skor yang dihasilkan oleh Windows Experience Index sangat berguna. Dari nilai atau skor ini, Anda dapat mengetahui hardware mana yang perlu ditingkatkan (upgrade) untuk mendapatkan performa komputer yang terbaik. Nilai atau skor terendah akan menjadi "base score". Komputer yang memiliki base score lebih tinggi dapat berjalan lebih baik dan lebih cepat dibandingkan dengan komputer yang mempunyai base score lebih rendah. Base score dapat menjadi acuan ketika membeli hardware dan software yang cocok atau sesuai dengan base score komputer yang Anda miliki.

WinAero WEI Tool adalah sofware gratis yang didesain untuk memanfaatkan engine dari Windows Experience Index yang masih terdapat di Windows 10. Sebenarnya, Microsoft hanya menghapus UI dari Windows Experience Index tetapi masih membiarkan engine dari Windows Experience Index berada di Windows 10. Dan yang kerennya lagi, WinAero WEI Tool adalah utilitas yang berdiri sendiri (standalone), artinya Anda tidak perlu menginstal untuk menggunakannya. Anda cukup mengunduh, mengekstrak dan menjalankan file executable (exe).

WinAero WEI Tool dikembangkan oleh Sergey Tkachenko. Dari histori di situs resminya, asal mula software ini dibuat karena merasa kecewa ketika menggunakan software yang ada waktu itu untuk mengetahui nilai atau skor Windows Experience Index. Software tidak menampilkan hasil uji dan penilaian yang akurat. Akhirnya dia membuat software sendiri dengan tampilan yang bagus dan graphical interface yang menyerupai Windows Experience Index bawaan windows. Sampai saat ini, WinAero WEI Tool dianggap sebagai software terbaik untuk mendapatkan Windows Experience Index di Windows 10.

Anda dapat mengunduh WinAero WEI Tool dari url di bawah ini. Versi terkini WinAero WEI Tool adalah 1.0.0.2 dengan ukuran file tidak lebih dari 53 KB. Tempatkan file unduhan pada foder dan kemudian ekstrak. Hasil ekstraksi adalah beberapa yang salah satunya adalah file executable (exe). Untuk mendapatkan nilai atau skor hardware utama komputer Windows 10, klik ganda file executable (exe) tersebut. Tunggu beberapa saat dan jendela Winaero WEI tool akan muncul dengan nilai atau skor hasil uji lima hardware utama.

http://winaero.com/comment.php?comment.news.220

Cara mengetahui Windows Experience Index (WEI) di Windows 10