Definisi software
Pin It

Perangkat keras dan perangkat lunak sebuah komputer merupakan dua hal yang berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan. Hardware (perangkat keras) adalah aspek fisik yang dapat dilihat dan diraba. Software (perangkat lunak) adalah kumpulan perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Tanpa adanya software, komputer hanyalah sebuah mesin kosong yang tidak akan berarti apa-apa. Komputer tidak mengerti bahasa manusia dan hanya mengerti bahasa mesin yang dihasilkan dari perangkat lunak.

Software merupakan perangkat lunak yang tidak dapat disentuh maupun dilihat wujud fisiknya. Sekalipun tidak berwujud fisik, keberadaan software sangat penting. Istilah software sebenarnya mengacu ke sekumpulan instruksi dan data komputer yang terorganisasi. Software dibuat menggunakan bahasa pemrograman dan utilitas terkait. Bahasa pemrograman dan utilitas terkait ini bisa dalam bentuk program tunggal seperti script interpreter, dalam bentuk paket yang di dalamnya terdapat compiler, linker dan tool pendukung lainnya atau dalam bentuk IDE (Integrated Development Environment) seperti NetBean yang di dalamnya sudah terdapat editor, debugger dan tool pendukung untuk banyak bahasa pemrograman. Software dapat dibagi berdasarkan jenis dan pendistribusianya.

Pembagian software menurut jenisnya.

  • Operating System (Sistem Operasi). Software jenis ini memiliki fungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Sistem operasi harus ada di setiap komputer dan menjembatani interaksi antara komputer dan pengguna (user). Beberapa contoh sistem operasi diantaranya adalah DOS, Windows, UNIX dan linux.
  • Programming Language (Bahasa Pemrograman). Software jenis ini memberikan instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program aplikasi komputer (computer application program). Ada banyak sekali bahasa pemrograman dan beberapa yang terkenal adalah Java, PHP dan Microsoft Visual Basic.
  • Application Program (Program Aplikasi). Software yang ditujukan untuk keperluan dan kegunaan khusus dan tertentu, misalnya untuk akuntansi, presentasi, perpustakaan dan lain-lain. Semua program aplikasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft Office Word untuk membuat dokumen, MYOB untuk akuntansi, OpenOffice.org Impress untuk presentasi dan lain sebagainya.

Pembagian software menurut distribusinya.

  • Adware. Software ini umumnya bersifat gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul.
  • Freeware. Software yang bersifat gratis dan dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu. Umumnya, software jenis ini memiliki fitur-fitur yang kurang lengkap dan kurang powerfull.
  • Shareware. Software jenis ini memiliki batasan waktu tertentu dalam penggunaannya dan mengharuskan pengguna melakukan validasi kepemilikan dengan membeli serial number.
  • Spyware. Software yang mampu memata-matai aktifitas pengguna komputer. Software jenis ini sering disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data.
  • Open Source. Software yang bisa dirubah, ditingkatkan dan disebarluaskan karena kode sumbernya (source code) dapat dibuka. Umumnya software ini bersifat gratis, dikembangkan oleh perorangan atau komunitas dan memiliki lisensi GPL (General Public License).

Baca artikel terkait lainnya: