Merubah root password MySQL di WampServer

Blog, website atau aplikasi-aplikasi web lainnya seperti toko online adalah aplikasi khusus yang hanya dapat berjalan di linkungan web server, berbeda sekali dengan aplikasi dekstop. Untuk mengakses aplikasi web semacam ini, diperlukan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan lain sebagainya dengan mengetikkan alamat atau url dari laman aplikasi web yang ingin diakses di address bar (bilah alamat) dari browser yang digunakan.

Pada umumnya, pembuatan dan pengujian blog, website atau aplikasi web lain dilakukan di web server lokal. Hal ini untuk memastikan bahwa blog, website atau aplikasi web tersebut sudah dapat berjalan dan berfungsi baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Bila semuanya telah siap, blog, website atau aplikasi web tersebut dapat dipindahkan (upload) ke server web hosting agar dapat diakses secara online.

Anda dapat merubah PC atau laptop menjadi web server lokal untuk membuat dan menguji blog, website atau aplikasi web Anda. Anda dapat menginstal Apache HTTP Server, PHP, MySQL dan phpMyAdmin dan kemudian mengkonfigurasinya agar software-software tersebut dapat saling terhubung. Mengkonfigurasi software untuk membuat web server lokal bukanlah hal yang mudah, butuh pengetahuan dan pemahaman untuk bisa melakukannya.

Cara terbaik dan mudah untuk membuat web server lokal adalah dengan menggunakan web aplication stack seperti WampServer. Anda tidak perlu melakukan konfigurasi lagi karena sudah terkonfigurasi. Beberapa software yang disertakan di WampServer adalah Apache HTTP Server, PHP, MySQL, MariaDB dan phpMyAdmin. WampServer mudah diinstal dan digunakan. Secara standar, Anda dapat mengakses database MySQL dengan user "root" dan password kosong. Tentu saja, bila komputer digunakan bersama-sama dengan orang lain, sebaiknya Anda melakukan proteksi dengan memberi password baru agar lebih aman.

Bila orang lain juga mengetahui WampServer, mereka dapat berfikir bahwa Anda masih menggunakan pengaturan standar WampServer. Tanpa sepengetahuan Anda, orang tersebut dapat mengakses database MySQL yang tidak terproteksi dan kemudian melakukan hal-hal yang mungkin tidak Anda kehendaki. Memproteksi database MySQL di web server lokal juga penting untuk proyek web Anda. Bila Anda ingin semuanya aman dan terproteksi, berikut ini cara merubah root password MySQL di WampServer:

Jalankan program WampServer, klik tombol Show hiden icons (1), pastikan Anda melihat dan mengklik logo WampServer yang mewakili program WampServer yang sedang berjalan (2), pilih MySQL (3) dan kemudian MySQL consolo (4).

Merubah root password MySQL di WampServer

Di jendela MySQL Command Line yang muncul, biarkan password dalam keadaan kosong (1) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Anda dapat langsung mengakses server MySQL karena secara standar, root password MySQL adalah kosong. Untuk merubah password kosong dengan memberi password baru, ketikkan SET PASSWORD FOR root@localhost=PASSWORD('panjul') dimana "panjul" adalah contoh password yang Anda diberikan (2) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Merubah root password MySQL di WampServer

Ketika Anda nanti membuka kembali jendela MySQL Command Line dan ingin mengakses server MySQL, Anda perlu memasukkan password yang telah Anda berikan sebelumnya.

Merubah root password MySQL di WampServer