Pembuatan dan pengembangan awal sebuah blog atau website umumnya dilakukan di web server lokal. Banyak blog atau website dikembangkan dengan menggunakan bahasa skrip PHP dan database MySQL atau aplikasi-aplikasi CMS berbasis PHP. PHP dan MySQL yang bersifat open source ini sangat cocok dengan web server Apache HTTP meskipun Anda juga dapat menginstalnya di web server Microsoft Internet Information Services (IIS).

Ada cukup banyak platform pengembangan web berbasis PHP dan web server Apache. Salah satu platform pengembangan web yang banyak digunakan untuk membuat web server lokal adalah WampServer. WampServer adalah platform pengembangan web open source untuk Microsoft Windows yang terdiri dari Apache web server, PHP, MySQL dan phpMyAdmin.

Sebenarnya, Anda dapat membuat sendiri web server lokal dengan menginstal masing-masing software yang diperlukan seperti Apache web server, PHP, MySQL dan phpMyAdmin dan kemudian mengkonfigurasinya. Mengkonfigurasi sendiri secara manual dan tepat adalah bagian yang tersulit. Bila Anda melakukan kesalahan dalam mengkonfigurasi, software tersebut tidak akan saling terkoneksi satu dengan lainnya.

Itulah sebabnya, menggunakan platform pengembangan web seperti WampServer lebih disukai. Anda hanya perlu menginstal di komputer Windows dan komponen di dalamnya sudah terkonfigurasi secara otomatis. Sebuah software umumnya tidak lepas dari masalah. Demikian juga ketika Anda menginstal WampServer di komputer Windows. WampServer terkadang tidak bisa langsung digunakan karena suatu hal.

Mengatasi masalah WampServer tidak berjalan (running)

Masalah yang sering muncul di WampServer adalah warna ikon WampServer yang tidak berubah hijau. Bila dilihat lebih jauh, hanya dua dari tiga layanan (service) WampServer yang berjalan. Hal ini disebabkan karena port yang seharusnya digunakan oleh Apache web server telah digunakan Microsoft Internet Information Services (IIS). Service Apache tidak bisa berjalan. Solusi yang banyak diampil adalah dengan merubah port di file hhtpd.conf dari 80 ke 8080 atau ke port lain yang belum terpakai.

Mengatasi masalah WampServer tidak berjalan (running)

Bila demikian, untuk dapat mengakses localhost, Anda perlu menyertakan port baru tersebut di url localhost sehingga akan menjadi localhost:8080. Namun di WampServer versi terbaru akan muncul pesan bahwa port tersebut bukan port default yang seharusnya digunakan Apache. Bagi sebagian pengguna mungkin dapat menerima atau mengabaikan ini, namun tetap saja kurang profesional karena nampak masih ada yang perlu diperbaiki.

Solusi terbaik adalah dengan menonaktifkan atau mematikan Microsoft IIS. Microsoft IIS adalah Windows service yang dapat dinonaktifkan atau diaktifkan kapanpun dengan mudah. Menonaktifkan Microsoft IIS dapat menjadi solusi untuk masalah WampServer terkait penggunaan port. Anda juga tidak perlu kawatir untuk menonaktifkan Microsoft IIS karena dapat mengaktifkannya kembali kapanpun. Berikut ini adalah caranya:

Klik tombol Cortana (1) yang ada di task bar, ketikkan "control panel" (2) di kotak pencarian Cortana dan dari daftar yang muncul, klik Control Panel (3).

Mengatasi masalah WampServer tidak berjalan (running)

Di jendela Control Panel yang muncul, di bagian Programs, klik tautan Uninstall a program.

Mengatasi masalah WampServer tidak berjalan (running)

Di jendela Programs and Features, klik tautan Turn Windows features on or off.

Mengatasi masalah WampServer tidak berjalan (running)

Di kotak dialog Windows Features, kosongkan kotak centang (check box) berlabel Internet Information Services (1) dan kemudian klik tombol OK (2) untuk menonaktifkan atau mematikan layanan Microsoft Information Services. Tunggu sampai proses selesai.

Mengatasi masalah WampServer tidak berjalan (running)

Bila telah selesai dan muncul kotak dialog untuk melakukan restart, klik tombol Restart now. Anda dapat mencoba menjalankan WampServer kembali untuk memastikan tidak bermasalah lagi.

Mengatasi masalah WampServer tidak berjalan (running)