Menggunakan kelas JOptionPane

Java mempunyai banyak sekali kelas-kelas dengan tampilan grafis yang terdapat di API Java. Kelas-kelas ini sudah ditetapkan sebelumnya (predefined) dan tinggal digunakan di dalam program Java. Kelas-kelas dengan tampilan grafis ini banyak terdapat di paket javax.swing. Salah satu kelas Java dengan tampilan grafis yang mungkin akan banyak ditemukan atau digunakan di banyak artikel bahasa pemrograman java di blog ini adalah JOptionPane. JOptionPane adalah kelas Java berupa kotak dialog standar yang dapat digunakan untuk menerima input atau menampilkan pesan tertentu.

Kelas JOptionPane mempunyai banyak sekali metoda termasuk variannya. Dari sekian banyak metoda, beberapa metoda yang sering digunakan adalah showConfirmDialog, showInputDialog, showMessageDialog dan showOptionDialog. Berikut ini adalah contoh program Java menampilkan teks "Selamat Datang Java" di kotak dialog kelas JOptionPane. Untuk menampilkan teks di kotak dialog, digunakan metoda showMessageDialog() dari kelas JOptionPane. Metode showMessageDialog() ini memiliki empat argumen. Karena kelas JOptionPane terletak di paket javax.swing, Anda perlu mengimpor kelas tersebut terlebih dahulu menggunakan kata kunci import sebelum digunakan di program Java.

Tulis contoh kode program Java di bawah ini menggunakan editor teks seperti Notepad atau Notepad++, beri nama file Sapaan4.java dan kemudian simpan di direktori atau folder yang Anda inginkan, misalnya C:/javasc.

// Nama file : Sapaan4.java
// Menampilkan teks di kotak dialok pesan

import javax.swing.JOptionPane;

public class Sapaan4 {
   public static void main(String[] args) {
      JOptionPane.showMessageDialog(null, "Selamat Datang Java",
         "Sapaan", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
      System.exit(0);
   }
}

Kompilasi terlebih dahulu dan kemudian jalankan programJava tersebut. Kotak dialog akan muncul dengan nama Sapaan, ikon (icon) informasi di dalam lingkaran dan tentunya teks "Selamat Datang Java".

Menampilkan teks di kotak dialog di pemrograman Java