Banner Java

Menampilkan Teks Di Kotak Dialog

Di artikel Java yang lain di website ini, Anda mungkin sudah membaca bagaimana menampilkan teks atau string di jendela Command Prompt. Selain menampilkan teks di jendela Command Prompt, Anda juga dapat menampilkan teks di kotak dialog. Di Java, untuk menampilkan teks di kotak dialog, digunakan metoda showMessageDialog() dari kelas JOptionPane. Metode showMessageDialog() ini memiliki empat argumen. Karena kelas JOptionPane terletak di paket javax.swing, Anda perlu mengimpornya terlebih dahulu menggunakan kata kunci import sebelum digunakan di dalam program. Contoh berikut ini adalah program Java sederhana yang menampilkan teks "Selamat Datang Java" di kotak dialog.

Tulis kode program Java, beri nama Sapaan4.java dan simpan di direktori, misalnya C:/hindro/javasc.

// Nama file : Sapaan4.java
// Menampilkan teks di kotak dialok pesan

import javax.swing.JOptionPane;

public class Sapaan4 {
   public static void main(String[] args) {
      JOptionPane.showMessageDialog(null, "Selamat Datang Java",
         "Sapaan", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
      System.exit(0);
   }
}

Kompilasi dan jalankan program tersebut. Kotak dialog akan muncul dengan nama Sapaan, ikon (icon) informasi di dalam lingkaran dan tentunya teks "Selamat Datang Java".

Menampilkan teks di kotak dialog di pemrograman Java

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.