Banner Java

Menggunakan Metoda concat Dari Kelas String

Di artikel tentang Menggunakan Kelas String Di Java, Anda telah mengetahui beberapa konstruktor dan metoda yang sering digunakan untuk membuat obyek string. Di pemrograman Java, selain menggunakan operator + untuk merangkai dua atau lebih string, Anda juga dapat menggunakan metoda concat dari kelas String. Berikut ini adalah contoh program untuk merangkai tiga buah string yang tersimpan di variabel string str1, str2 dan str3 menggunakan metoda concat.

// Nama file : DemoConcat.java
// Merangkai tiga buah string menggunakan operator concat.

// Deklarasi kelas
public class DemoConcat {
 
    public static void main(String[] args) {
  
       String str1 = "Mari belajar Java ";
       String str2 = "dan Phyton ";
       String str3 = "dengan serius.";

       System.out.println();
       System.out.println("str1 = " + str1);
       System.out.println("str2 = " + str2);
       System.out.println("str3 = " + str3);

       String str4 = str1.concat(str2).concat(str3);
       System.out.println("str4 = " + str4);
   }
}

Metoda concat memerlukan sebuah argumen bernilai string. Di baris nomor 18, metoda concat dipanggil dua kali. Metoda concat pertama diberi argumen berupa nilai string yang tersimpan di variabel string str2 dan metoda concat kedua diberi argumen berupa nilai string yang tersimpan di variabel str3. Dengan memanggil metoda concat dua kali, maka nilai string yang tersimpan di variabel str1, str2 dan str3 dirangkai.

Dari pernyataan nomor 18 tampak bahwa penggunaan operator + untuk merangkai dua buah string akan lebih fleksibel. Anda hanya perlu meletakkan variabel bernilai string yang akan dirangkai di antara operator + sebagaimana pernyataan di bawah ini.

   String str4 = str1 + str2 + str3;

Atau langsung meletakkan literal string sebagaimana pernyataan di bawah ini.

   String str4 = “Mari belajar Java “ + “dan Phyton “ + “dengan serius”;

Merangkai string dengan metoda concat

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.