Banner Java

Metoda delete, deleteCharAt, setCharAt Dan reverse

Di artikel tentang Menggunakan Kelas StringBuffer Di Java, Anda telah diperkenalkan pada kelas StringBuffer beserta dengan beberapa konstruktor dan metoda yang dimilikinya. Contoh program berikut ini mendemonstrasikan penggunaan metoda delete, deleteCharAt, setCharAt dan reverse dari kelas StringBuffer. Kelas StringBuffer merupakan salah satu kelas yang terletak di paket java.lang sehingga tidak perlu diimpor saat digunakan di dalam program.

// Nama file : DeleteSetCharAtReverse.java
// Mendemonstrasikan penggunaan metoda delete, setCharAt dan reverse

// Deklarasi kelas
public class DeleteSetCharAtReverse {

   // Metoda main
   public static void main(String[] args) {

      StringBuffer str;
      str = new StringBuffer("Java dan PHP adalah bahasa yang mudah.");

      System.out.println("\nIsi dari variabel str : ");
      System.out.println(str);
      System.out.println();

      // setCharAt adalah metoda void
      str.setCharAt(10, 'h');
      System.out.println("Eksekusi metoda str.setCharAt(10, \'h\') : ");
      System.out.println(str);
      System.out.println();

      System.out.println("Eksekusi metoda str.deleteCharAt(10) : ");
      System.out.println(str.deleteCharAt(10));
      System.out.println();

      System.out.println("Eksekusi metoda str.delete(4, 11) : ");
      System.out.println(str.delete(4, 11));
      System.out.println();

      System.out.println("Eksekusi metoda str.reverse() : ");
      System.out.println(str.reverse());
   }
}

Metoda delete, deleteCharAt, setCharAt dan reverse

Baris nomor 11 merupakan pernyataan untuk membuat obyek dari kelas StringBuffer serta memberi variabel str acuan ke obyek StringBuffer. String ini kemudian ditampilkan dengan memberikan variabel acuan str sebagai argumen dari metoda println (baris nomor 14).

Pernyataan setChartAt baris nomor 18 digunakan untuk merubah satu karakter yang berada di buffer dengan karakter baru. Metoda ini mempunyai dua parameter. Parameter pertama, index dengan tipe data int, digunakan untuk menentukan posisi dari karakter yang akan diganti. Parameter kedua, chr dengan tipe data char, digunakan sebagai karakter pengganti. Metoda setCharAt termasuk metoda yang tidak mengembalikan nilai (void return value) sehingga Anda tidak dapat menggunakan metoda tersebut sebagai argumen dari metoda println. Untuk mengetahui bahwa karakter yang ada di buffer sudah berubah, Anda dapat menggunakan variabel str sebagai argumen dari metoda println untuk menampilkan kembali string (baris nomor 20).

Metoda deleteCharAt baris nomor 24 dapat digunakan untuk menghapus sebuah karakter. Metoda ini mempunyai satu parameter, index dengan tipe data int, yang menentukan indeks karakter yang akan dihapus. Dari kode program di atas, parameter index diberi argumen integer 10, yang mana adalah indek untuk karakter ‘H’. Berbeda dengan metoda deleteCharAt, metoda delete mempunyai dua argumen, startIndex dan endIndex dengan tipe int. Metoda ini digunakan untuk menghapus beberapa karakter yang ada di buffer, dimulai dari startIndex sampai dengan endIndex. Metoda reverse di baris nomor 32 digunakan untuk membalik nilai karakter yang ada di buffer.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.