Banner Java

Pengantar Pemrograman Grafis Java: Kelas Component

Kelas-kelas Java dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes), kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat digunakan sebagai wadah atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan JTable. Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.

Container classes dan helper classes penting untuk dipelajari karena berperan dalam membuat (mendesain) interfes grafis (GUI). Selain kelas-kelas tersebut, Anda juga seharusnya mengetahui hirarki turunan (inheritance hierarchy) beberapa kelas Java yang ada kaitannya dengan container classes dan helper classes. Dari hirarki turunan, selain dapat dilihat keterkaitan antara kelas yang satu dengan kelas lainnya, juga dapat dilihat metoda-metoda penting yang diwariskannya. Kelas Container, JFrame, JApplet dan JPanel termasuk dalam container classes, sedangkan kelas Color, LayoutManager, Font, Graphics dan Dimension termasuk dalam helper classes.

Kelas Component merupakan kelas abstrak. Secara hirarki, kelas Component adalah turunan dari kelas Object. Kelas Object berada di puncak teratas dalam hirarki kelas di Java. Semua kelas, langsung maupun tidak langsung, merupakan turunan dari kelas Object. Berikut ini adalah hirarki turunan dari kelas Component:

Hirarki kelas Component

Kelas Component mempunyai banyak sekali metoda. Semua kelas turunan dari kelas Component akan mewarisi semua metoda yang bisa diakses (accessible method) dari kelas ini. Berikut ini adalah tabel beberapa metoda penting dari kelas Component:

Metoda kelas Component
Metoda Keterangan
setSize(int width, int height) Mengatur kembali ukuran komponen sehingga mempunyai lebar width dan tinggi height.
setVisible(boolean b) Menampilkan atau menyembunyikan komponen tergantung dari nilai boolean b.
setFont(Font f) Mengatur jenis huruf dari komponen.
getFont(Font f) Mengembalikan jenis huruf dari komponen.
setForegound(Color c) Mengatur warna latar depan (foreground) dari komponen
getForeground() Mengembalikan warna latar depan (foreground) dari komponen.
setBackground(Color c) Mengatur warna latar belakang (background) dari komponen.
getBackground() Mengembalikan warna latar belakang (background) dari komponen.
getWidth() Mengembalikan lebar komponen saat ini.
getHeight() Mengembalikan tinggi komponen saat ini.
setPreferedSize() Mengatur ukuran komponen yang diinginkan.
getPreferedSize(Dimention d) Mengembalikan ukuran komponen yang diinginkan.
isVisible() Menunjukkan apakah komponen ini tampak.
setVisible(boolean b) Menampilkan atau meyembunyikan komponen.
setName(String name) Mengatur nama komponen ke string yang telah ditentukan
getName() Mengembalikan nama dari komponen.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.