Banner Java

Pengantar Pemrograman Grafis Java: Kelas Container

Kelas-kelas Java dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes), kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat digunakan sebagai wadah atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan JTable. Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.

Container classes dan helper classes penting untuk dipelajari karena berperan dalam membuat (mendesain) interfes grafis (GUI). Selain kelas-kelas tersebut, Anda juga seharusnya mengetahui hirarki turunan (inheritance hierarchy) beberapa kelas Java yang ada kaitannya dengan container classes dan helper classes. Dari hirarki turunan, selain dapat dilihat keterkaitan antara kelas yang satu dengan kelas lainnya, juga dapat dilihat metoda-metoda penting yang diwariskannya. Kelas Container, JFrame, JApplet dan JPanel termasuk dalam container classes, sedangkan kelas Color, LayoutManager, Font, Graphics dan Dimension termasuk dalam helper classes.

Kelas Container termasuk dalam container classes. Kelas Container sebenarnya adalah Abstract Window toolkit (AWT) container sebagai wadah untuk obyek dari kelas-kelas grafis ketika Java pertama kali diperkenalkan (kelas Window, Panel, Frame, Dialog dan Applet). Untuk menyusun obyek-obyek atau komponen di wadah sesuai dengan posisi yang diinginkan, dapat digunakan kelas bantu (helper class) LayoutManager. Berikut ini adalah hirarki turunan dari kelas Container:

Hirarki turunan kelas Container

Kelas Container merupakan kelas turunan langsung dari kelas Component. Kelas Container juga mempunyai banyak sekali metoda selain juga metoda yang diwarisi dari kelas Component. Tabel berikut ini adalah beberapa metoda penting yang dimiliki oleh kelas Container:

Metoda kelas Container
Metoda Keterangan
add(Component comp) Menambahkan sebuah komponen ke dalam wadah (container).
add(Component comp, int index) Menambahkan sebuah komponen ke dalam wadah dengan posisi yang telah ditentukan oleh parameter index.
paint(Graphics g) Menggambar di wadah (container).
paintComponent(Graphics g) Menggambar tiap-tiap komponen di wadah (container).
remove(Component comp) Menghilangkan komponen tertentu dari wadah (container).
remove(int index)() Menghilangkan komponen yang ditentukan oleh index dari wadah (container).
removeAll() Menghilangkan semua komponen dari wadah (container).
setLayout(LayoutManager mgr) Menentukan tata letak (layout manager) dari wadah (container).
getLayout() Mengembalikan jenis tata letak (layout manager) yang digunakan oleh wadah (container).

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.