Pin It

Kelas-kelas Java dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes), kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat digunakan sebagai wadah atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan JTable. Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.

Container classes dan helper classes penting untuk dipelajari karena berperan dalam membuat (mendesain) interfes grafis (GUI). Selain kelas-kelas tersebut, Anda juga seharusnya mengetahui hirarki turunan (inheritance hierarchy) beberapa kelas Java yang ada kaitannya dengan container classes dan helper classes. Dari hirarki turunan, selain dapat dilihat keterkaitan antara kelas yang satu dengan kelas lainnya, juga dapat dilihat metoda-metoda penting yang diwariskannya. Kelas Container, JFrame, JApplet dan JPanel termasuk dalam container classes, sedangkan kelas Color, LayoutManager, Font, Graphics dan Dimension termasuk dalam helper classes.

Sesuatu yang berwarna tentu akan lebih indah dan menarik, demikian juga dengan komponen grafis Java yang diberi warna. Anda dapat memberikan warna pada bagian tertentu dari komponen grafis menggunakan kelas java.awt.Color yang juga termasuk dalam helper classes. Selain konstanta warna terdefinisi, warna di Java juga dapat disusun dari warna merah (red), hijau (green) dan warna biru (blue) atau yang lebih dikenal dengan RGB. Masing-masing warna diwakili oleh nilai byte dengan rentang nilai dari 0 sampai dengan 255. Berikut ini adalah hirarki turunan kelas Color:

Hirarki turunan kelasColor

Kelas Color mempunyai lebih dari lima konstruktor dan lebih dari dua puluh metoda. Disamping konstruktor dan metoda, kelas Color juga memiliki predeclared color constant (konstanta warna) yang digunakan untuk mewakili warna tertentu. Konstanta warna tersebut dideklarasikan dengan modifier public final static. Tabel-tabel berikut ini adalah daftar beberapa konstanta warna, konstruktor dan metoda kelas Color yang sering digunakan di dalam program.

Konstanta warna kelas Color
Metoda Warna Nilai RGB
public final static Color RED Merah 255.0.0
public final static Color GREEN Hijau 0.255.0
public final static Color BLUE Biru 0.0.255
public final static Color WHITE Putih 255.255.255
public final static Color YELLOW Kuning 255.255.0
public final static Color BLACK Hitam 0.0.0
public final static Color PINK Merah muda 255.200.0
public final static Color ORANGE Jingga tua 255.175.175

Konstruktor kelas Color
Konstruktor Keterangan
Color(float r, float g, float b) Mengkonstruksi warna dengan menentukan nilai r, g dan b dengan rentang (range) 0.0–1.0.
Color(int r, int g, int b) Mengkonstruksi warna dengan menentukan nilai r, g dan b dengan rentang (range) 0–255.

Metoda kelas Color
Metoda Keterangan
getGreen() Mengembalikan nilai integer (int) yang mewakili warna hijau dengan rentang 0-255.
getRed() Mengembalikan nilai integer (int) yang mewakili warna merah dengan rentang 0-255.
getBlue() Mengembalikan nilai integer (int) yang mewakili warna biru dengan rentang 0-255.