Banner Java

Membuat Frame Di Java Dengan Kelas JFrame

Kelas JFrame termasuk golongan container classes (baca artikel Pengantar Pemrograman Grafis Java: Kelas Container). Kelas JFrame merupakan perluasan dari kelas java.awt.Frame dengan penambahan dukungan sebagai wadah untuk komponen swing (obyek dari kelas-kelas yang terletak di paket javax.swing). Untuk membuat aplikasi berpenampilan grafis (form aplikasi dekstop), Anda dapat membuat jendela frame dari kelas JFrame sebagai wadah bagi komponen swing yang lain, sedang untuk membuat applet (yang dijalankan menggunakan browser), dapat digunakan kelas JApplet. Kelas JFrame terletak di paket javax.swing. Kelas JFrame harus diimpor terlebih dahulu sebelum digunakan di dalam program. Berikut ini adalah hirarki turunan kelas JFrame:

Hirarki turunan kelas JFrame

Kelas JFrame mempunyai empat buah konstruktor dan beberapa metoda, selain juga metoda-metoda yang diwarisi dari kelas di atasnya. Berikut ini adalah beberapa konstruktor dan metoda kelas JFrame:

Konstruktor Kelas JFrame
Konstruktor Keterangan
JFrame() Mengkonstruksi frame baru yang pada awalnya tidak tampak (invisible)
JFrame(String title) Mengkonstruksi frame baru, yang pada awalnya tidak tampak, dengan titel yang telah ditentukan.

Metoda Kelas JFrame
Metoda Keterangan
SetContentPane(Container contenPane) Mengatur properti dari obyek content pane.
getContentPane() Mengembalikan obyek content pane dari frame .
setDefaultCloseOperation(int operation) Mengatur operasi default yang akan terjadi ketika pengguna menutup frame ini.
getDefaultCloseOperation() Mengembalikan operasi yang terjadi ketika pengguna menutup frame.

Berikut ini adalah contoh program yang mendemonstrasikan pembuatan frame dengan menggunakan kelas JFrame. Obyek dari kelas JFrame dikonstruksi menggunakan konstruktor kedua yang ada di tabel konstruktor di atas. Frame dimanipulasi dengan menggunakan beberapa metoda dari kelas JFrame dan metoda yang diwarisi dari kelas atasnya.

// Nama file : DemoFrameKedua
// Membuat frame menggunakan kelas JFrame

// Mengimpor kelas
import javax.swing.JFrame;
import java.awt.Color;
import java.awt.Container;

// Deklarasi kelas
public class DemoFrameKedua {

   // Metoda main
   public static void main(String[] args) {

      // Mebuat obyek warna jingga tua dari kelas Color
      Color orangeColor = new Color(255, 175, 175);

      JFrame frame = new JFrame("Jendela Kedua");
      Container wadah = frame.getContentPane();
      wadah.setBackground(orangeColor);

      frame.setSize(350, 200);
      frame.setVisible(true);
      frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
   }
}

Kelas DemoFrameKedua mendeklarasikan tiga variabel acuan. Variable acuan pertama adalah jinggaColor yang mengacu ke obyek dari kelas Color. Obyek kelas Color kemudian dikonstruksi dengan konstruktor yang mempunyai tiga parameter dengan tipe data int untuk membuat warna jingga tua dan kemudian memberi variabel jinggaColor acuan ke obyek tersebut. Variabel acuan kedua adalah frame yang mengacu ke obyek dari kelas JFrame. Obyek kelas JFrame kemudian dikonstruksi menggunakan konstruktor yang mempunyai satu parameter dengan tipe String untuk membuat frame dan kemudian memberi variabel frame acuan ke obyek.

Banyak sekali kelas Java yang dapat menghasilkan obyek grafis, tetapi tidak semua obyek grafis dapat diberi warna sekalipun mewarisi metoda setBackground dari kelas Component. Kelas JFrame termasuk salah satunya. Untuk dapat memberi warna pada frame, Anda dapat memberi warna melalui content pane. Di baris nomor 19, frame.getContentPane() akan menghasilkan content pane dari frame yang merupakan obyek dari kelas java.awt.Container. Variabel acuan ketiga, wadah, kemudian dideklarasikan dengan tipe kelas Container untuk dapat mengacu ke obyek ini.

Di baris nomor 20, variabel wadah kemudian memanggil metoda setBackground yang diwarisi dari kelas Component untuk memberi warna jingga tua pada content pane. Selain metoda setBackground tersebut, variabel acuan wadah juga memanggil metoda setSize dan setVisibel. Untuk menutup atau mengakhiri jendela frame, Anda perlu menggunakan metoda setDefaultCloseOperation dari kelas JFrame dan memberi nilai untuk parameter operation berupa konstanta statik EXIT_ON_CLOSE.

Membuat frame dengan kelas JFrame

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.