Banner Java

Memahami Kelas JComponent Di Java

JComponent adalah kelas dasar (base class) untuk semua komponen swing seperti kelas JLabel, JTextfield, JComboBox, JListBox, JPanel dan lain-lain kecuali kelas-kelas wadah (swing container class) level atas seperti kelas JFrame, JDialog dan JApplet. Berikut ini adalah hirarki dari kelas JComponent:

Hirarki kelas JComponent

Kelas JComponent mempunyai cukup banyak metoda yang dapat diwariskan kepada kelas turunannya. Beberapa metoda dari kelas JComponent yang sering digunakan oleh komponen swing (subclass dari kelas JComponent) adalah sebagai berikut:

Metoda Kelas JComponent
Metoda Keterangan
getToolTip() Mengembalikan string yang merupakan tool tip text dari komponen.
setToolTip() Mengatur kembali tool tip text baru dari komponen.
getBorder() Mengembalikan border dari komponen dan null jika tidak ada border.
setBorder() Mengatur kembali border dari komponen.

Untuk dapat menggambar string, line dan berbagai bentuk lain seperti rectangles, oval, polygon dan sebagainya di kelas-kelas wadah (container classes) seperti kelas JFrame dan JApplet, dapat digunakan metoda paint(Graphics g), sedangkan untuk menggambar di obyek panel (kelas JPanel) dapat digunakan metoda paintComponent(Graphics g). Obyek kelas Graphics yang diacu oleh variabel acuan g, dibuat secara otomatis oleh Java Virtual Mechine (JVM). Anda dapat menggunakan bermacam-macam metoda untuk menggambar bentuk yang telah didefinisikan di kelas Graphics.

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.