1. Struktur kontrol Java.

Java mempunyai tiga macam struktur kontrol yaitu struktur berurutan (sequence structure), struktur penyeleksian (selection structure) dan struktur perulangan (repetition structure). Setiap program Java yang kompleks dibentuk dengan mengkombinasikan struktur berurutan, struktur penyeleksian dan struktur perulangan.

Normalnya, pernyataan program dieksekusi satu demi satu sesuai urutan ketika pernyataan ditulis di program. Eksekusi semacam ini dinamakan dengan eksekusi berurutan (sequential execution). Namun demikian, seringkali Anda akan dihadapkan pada situasi dimana harus menyediakan pernyataan alternatif untuk dieksekusi.

Dengan adanya pernyataan alternatif ini, pernyataan berikutnya yang dieksekusi kemungkinan bukan pernyataan sesuai urutan ketika ditulis di program. Proses seperti ini disebut pemindahan kontrol (transfer of control). Java menyediakan beberapa pernyataan untuk maksud ini yaitu pernyataan if, if else, nested if, switch dan ekspresi bersyarat (conditional expression). Jenis pernyataan yang memungkinkan pemindahan kontrol disebut juga selection statement.

Java juga menyediakan pernyataan perulangan untuk mengontrol berapa kali pernyataan atau blok pernyataan program dieksekusi. Misalnya, Anda ingin menampilkan nama sebanyak empat puluh kali. Tanpa menggunakan pernyataan perulangan, System.out.println(“Aristo Khairan”); harus ditulis sebanyak empat puluh kali, suatu cara yang membosankan.

Dengan menggunakan pernyataan perulangan, komputer dapat diminta untuk menampilkan nama berulang kali tanpa harus menulis pernyataan berulang kali pula. Java menyediakan tiga macam pernyataan perulangan untuk maksud ini yaitu pernyataan while, do-while dan for.

2. Simbol Bagan Alir.

Bagan alir (flowchart) adalah rangkaian simbol-simbol yang menjelaskan langkah-langkah sebuah proses. Bagan alir program (program flowchart) berbeda dengan bagan alir sistem (system flowchart). Bagan alir program lebih terperinci dan menyangkut langkah-langkah proses program dari awal sampai akhir.

Bagan alir sistem hanya menggambarkan arus data dari sistem. Simbol-simbol yang digunakan di bagan alir program dan bagan alir sistem ada yang sama dan ada pula yang berbeda. Beberapa simbol bagan alir program dapat digunakan untuk memahami struktur kontrol program lebih mudah. Berikut ini adalah simbol-simbol yang pada umumnya digunakan di bagan alir program:

Struktur kontrol Java dan simbol bagan alir (flowchart)

Sebuah program sederhana dapat dengan mudah dibuat tanpa bantuan bagan alir. Bagan alir akan bermanfaat dan membantu apabila digunakan untuk pengembangan program aplikasi skala besar yang melibatkan lebih dari satu orang.