Proses mengkompilasi program applet sama persis dengan proses mengkompilasi program aplikasi Java. Perbedaan hanya terjadi pada saat program applet dijalankan. Karena program applet tidak memiliki metoda main dan applet berjalan di lingkungan web browser seperti Microsoft Internet Explore atau Google Chrome, Anda perlu meletakkan program applet Java yang telah dikompilasi (file berekstensi .class) di dokumen HTML.

Mengkompilasi program applet.

Semua file program Java (program aplikasi dan program applet) harus berektensi .java saat file disimpan di folder atau direktori. Nama file saat disimpan, harus sama dengan nama kelas applet Java pada saat kelas applet dideklarasikan. Dari contoh program applet di artikel Mengenal Dan Memahami Applet Java, nama file program applet Java harus AppletPertama.java. Untuk mengkompilasi file program applet Java di baris perintah pada jendela Command Prompt, Anda cukup mengetikkan:

   javac AppletPertama.java

Jangan lupa untuk menuliskan ekstensi .java dibelakang nama kelas applet Java pada saat proses kompilasi dilakukan. Jika tidak ditemukan kesalahan, kompiler Java akan menghasilkan file bytecode berektensi .class dengan nama file AppletPertama.class. File bytecode berekstensi .class berada di folder atau direktori yang sama dengan file program applet Java yang dikompilasi. Bytecode inilah yang kemudian disertakan pada dokumen HTML di tag applet.

Menjalankan program applet.

Untuk dapat menjalankan program applet di appletviewer atau web browser, terlebih dahulu Anda harus membuat dokumen HTML dan meyertakan file bytecode dari program applet (AppletPertama.class) di dalam tag applet. Berikut ini adalah dokumen HTML dengan nama AppletPertama.html yang berisi bytecode program applet, AppletPertama.class, yang ada di dalam tag applet:

<html>
<head>
<title>Ajakan belajar Java</title>
</head>
<body>
<applet
   code= “AppletPertama.class”
   width=300
   height=50>
</applet>
</body>
</html>

Tag adalah instruksi untuk web browser dalam menampilkan atau memperlakukan konten dari dokumen HTML. Nama tag diletakkan diantara tanda kurung siku (bracket). Tag terdiri dari dua pasang yaitu tag awal (start tag) dan tag akhir (end tag). Dokumen HTML dimulai dengan tag <html>, diikuti oleh tag <head> yang didalamnya terdapat tag <title> yang berisi judul dari dokumen dan tag <body>.

Di dalam tag <body> inilah tag <applet> diletakkan, Tag dapat memiliki atribut termasuk di sini tag <applet>, yang berisi informasi yang berkaitan dengan program applet yang dibuat. Sebagai contoh, tag <applet> mempunyai atribut code, width dan height. Anda dapat memberikan nilai untuk atribut tersebut menggunakan tanda sama dengan. Untuk nilai atribut yang berupa literal string, harus diletakkan diantara tanda petik dua (“ “). Atribut code mengacu ke nama bytecode kelas applet yang akan dimuat, sedangkan atribut width dan height menunjukkan area tinjauan dari applet. Dokumen HTML (AppletPertama.html) yang dibuat harus diletakkan di direktori yang sama dengan direktori tempat penyimpanan file bytecode applet (AppletPertama.class).

Menjalankan applet di appletviewer.

appletviewer juga dapat bertindak sebagai browser. Untuk menjalankan program applet menggunakan appletviewer, Anda harus berada di direktori tempat penyimpanan dokumen HTML dan bytecode program applet (AppletPertama.html dan AppletPertama.class berada di direktori c:\hindro\javasc) dan kemudian mengetikkan perintah di Command Prompt sebagai berikut:

   c:\hindro\javasc>appletviewer AppletPertama.html

Untuk menjalankan program applet menggunakan appletviewer, Anda tidak perlu membuka web browser. Appletviewer itu sendiri mempunyai fungsi sama sebagai web browser. Berikut ini adalah hasil tampilan program applet AppletPertama menggunakan appletviewer:

Mengkompilasi dan menjalankan Applet Java

Menjalankan applet di web browser.

Tujuan utama menggunakan appletviewer adalah untuk menguji program applet selama tahap pengembangan. appletviewer tidak dapat bertidak sebagai web browser yang sesungguhnya karena tidak memiliki fasilitas sebagaimana web browser pada umumnya. Untuk dapat menjalankan program applet AppletPertama di web browser, Anda cukup membuka dokumen HTML applet (AppletPertama.html). Berikut ini adalah hasil tampilan menjalankan program applet AppletPertama menggunakan web browser Microsoft Internet Explorer:

Mengkompilasi dan menjalankan Applet Java

Baca artikel terkait lainnya: