Banner Java

Mengenal Tag Applet Di Pemrograman Java

Di artikel Cara Mengkompilasi Dan Menjalankan Program Applet Java, Anda dapat mempelajari bagaimana mengkompilasi dan menjalankan program applet Java. Di artikel kali ini, Anda diajak untuk memahami lebih jauh bahwa tag di dokumen HTML dapat memiliki atribut, termasuk di sini adalah tag applet (<applet>). Beberapa atribut tag applet yang telah digunakan adalah code, width dan height. Ada beberapa atribut lain yang dapat Anda sertakan di tag applet diantaranya adalah codebase, align dan alt.

Apabila kelas applet terletak di direktori berbeda dengan dokumen HTML, maka atribut codebase yang menentukan letak kelas applet di direktori. Atribut align menentukan penjajaran (alignment) applet di peramban (browser). Untuk memberi nilai pada atribut ini, Anda dapat memilih salah satu nilai diantara beberapa nilai yaitu left, right, top, buttom, middle, texttop, baseline, absmiddle dan absbuttom. Atribut alt digunakan untuk menampilkan teks apabila browser tidak dapat menjalankan Java.

Selain atribut, tag applet di dokumen HTML juga dapat mempunyai parameter. Parameter digunakan untuk memberikan argumen ke program applet. Parameter dideklarasikan di tag applet menggunakan tag <param> tanpa diakhiri tag penutup atau tag akhir (end tag). Berikut ini adalah gambaran tag applet yang memiliki atribut dan parameter:

<applet
   codebase = url_applet
   code = nama_kelas_applet
   width = lebar_tampilan_applet
   height = tinggi_tampilan_applet
   aligh = penjajaran_applet_di_browser
   alt = teks_alternatif_ditampilkan>
<param name = nama_parameter1 value = nilai_parameter1>
<param name = nama_parameter2 value = nilai_parameter2>
<param name = nama_parameter3 value = nilai_parameter3>

<param name = nama_parameterN value = nilai_parameterN>
</applet>

Anda dapat menggunakan parameter untuk memberi nilai (assign value) pada program applet. Parameter akan diberikan ke applet saat applet dimuat oleh web browser.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.