Banner Java

Program Applet Menggunakan Konstruktor Kelas JApplet

Metoda init dari kelas Applet hanya satu kali dieksekusi oleh web browser. Anda dapat menggunakan metoda init ini untuk mendesain form yang akan ditampilkan oleh program applet. Form merupakan interfes grafis (user interface) yang digunakan untuk menjebatani interaksi antara pengguna applet dengan program applet itu sendiri.

Selain metoda init, Anda juga menggunakan konstruktor tanpa argumen kelas JApplet untuk membuat program applet. Berikut ini adalah contoh program applet yang dibuat menggunakan konstruktor kelas JApplet. Program akan menggunakan komponen swing JLabel dan meletakkannya di content pane kelas JApplet.

// Nama file : KontruktorJApplet.java
// Membuat applet menggunkan konstruktor

// Mengimpor kelas
import javax.swing.JApplet;
import javax.swing.JLabel;
import java.awt.Font;
import java.awt.Color;
import java.awt.Container;

// Deklarasi kelas applet
public class KonstruktorJApplet extends JApplet {

   // Konstruktor tanpa argumen
   public KonstruktorJApplet() {
      Font font = new Font("Broadway", Font.ITALIC, 20);
      Container container = getContentPane();
      container.setBackground(Color.YELLOW);
      JLabel label = new JLabel("Belajar Java Menyenangkan.", JLabel.CENTER);
      label.setFont(font);
      container.add(label);
   }
}

Kode program di atas mendemonstrasikan pembuatan program applet menggunakan kontruktor tanpa argumen dari kelas JApplet. Saat program applet dimuat di browser, browser akan mengkonstruksi applet dengan memanggil konstruktor kelas JApplet. Pada saat applet dikonstruksi, pernyataan yang ada di dalam konstruktor dieksekusi. Untuk menjalankan program applet di web browser atau di appletviewer, berikut ini adalah file atau dokumen HTML yang telah berisi bytecode applet KontruktorJApplet.class:

<html>
<head>
<title>Konstruktor JApplet</title>
</head>
<body>
<applet
   code="KonstruktorJApplet.class"
   width=355
   height=70>
</applet>
</body>
</html>

Berikut ini adalah tampilan hasil menjalankan program applet KonstruktorJApplet.class di Microsoft Internet Explorer:

Menggunakan kelas JApplet

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.