Banner Java

Memahami Fungsi Kelas Adapter Di Java

Di artikel Penanganan MouseEvent Di Java (mouseEntered Dan mouseExited) dan Penanganan KeyEvent Di Java (keyPressed Dan keyTyped), Anda dapat mempelajari bagaimana menangani event (aksi) di pemrograman Java yang terkait dengan mouse dan keyboard. Setiap tipe event Java mempunyai satu atau lebih interface. Obyek yang berfungsi sebagai pendengar event (kelas, inner class, anonymous inner class) harus mengimplementasikan interface dari event yang bersesuaian dan mendeklarasikan ulang semua metoda yang ada di dalamnya. Sebuah interface terkadang bisa memiliki banyak metoda dan tidak semua metoda yang dideklarasikan ulang tersebut digunakan dan diberi penangan event (handler). Pendeklarasian ulang metoda dari interface tanpa penanganan event (metoda kosong) adalah pemborosan waktu dalam pemulisan kode (coding).

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan kelas adapter. Kelas-kelas adapter adalah kelas yang juga mengimplementasikan interface yang bersesuaian dengan menyediakan implementasi default untuk semua metoda interface berupa blok kosong tanpa pernyataan. Karena adapter adalah sebuah kelas, maka obyek pendengar event adalah kelas atau inner class yang merupakan turunan langsung dari kelas-kelas adapter tersebut. Adapter adalah kelas yang mengimplementasikan interface yang bersesuaian sehingga secara tidak langsung kelas turunannya sudah mengimplementasikan interface yang bersesuaian pula. Dengan obyek pendengar event merupakan turunan langsung dari kelas adapter, maka Anda tidak perlu mendeklarasikan ulang semua metoda interface, cukup metoda yang diberi penangan event (handler) saja. Berikut ini adalah tabel dari beberapa kelas adapter:

Kelas-Kelas Adapter Di Java
Kelas-Kelas Adapter Interfes Yang Diimplementasi
MouseAdapter MouseListener
MouseMotionAdapter MouseMotionListener
FocusAdapter FocusListener
ContainerAdapter ContainerListener
KeyAdapter KeyListener
WindowAdapter WindowListener
ComponentAdapter ComponentListener

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.